Elf Kudus : Selalu Setia Dukung Super Junior

Berawal dari jejaring media sosial, Facebook, Mega Permata, berinisiatif mengumpulkan para pecinta grup boyband asal Korea Selatan, Super Junior (Suju). Dari situ mereka berkeinginan untuk membentuk komunitas fans Suju.

”Tepatnya pada Juli 2012 kami, berjumlah kurang lebih 15 orang, kopi darat setelah sekian lama hanya saling sapa di dunia maya. Kami pun sepakat untuk mendirikan Elf Kudus,” beber Mega, ketua Elf Kudus.
Elf merupakan singkatan dari ever lasting friends, basis penggemar Suju yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Ketenaran boyband tersebut sampai hingga Kota Kretek, di mana Mega dan kawan-kawannya senantiasa men-support idola mereka, walaupun dari jauh.
”Kalau dulu hanya 15 orang, kini anggota Elf Kudus mencapai 50 orang. Mayoritas cewek dan ada sekitar enam anggota cowok,” lanjut Mega.
Elf Kudus sering kumpul bareng tiap mereka ada kesempatan. Di situ mereka sharing video, bahas project atau merayakan comeback, yang bermakna kurang lebih kembali eksisnya sang idola mereka, Suju.
Sebagai informasi tambahan, Korea Selatan menerapkan program wajib militer bagi warga negaranya, dan para personel Suju pun tak luput dari kewajiban tersebut. Setelah mereka menjalankan wajib militer itu, kehadiran personel Suju disambut antusias penggemarnya dari seluruh dunia.
”Sebagai komunitas, Elf Kudus sangat welcome terhadap semua kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswi maupun pekerja. Kami juga tidak melarang jika ada cowok yang ingin gabung,” ujarnya.
Elf Kudus menunjukkan kecintaan mereka terhadap Suju, dengan sejumlah kreativitas. Salah satunya adalah Project Bluwave.
”Waktu itu Suju ga comeback selama dua tahun. Kami para fans dari seluruh dunia, ingin menunjukkan walaupun Suju rehat, kami masih setia dan memberikan support kepada mereka. Project Bluewave adalah gerakan semacam Mexican Wave yang sering ditunjukkan di stadion sepak bola, dan diabadikan dalam video. Lalu video tersebut dikompilasikan dari Elf seluruh dunia dan menjadi koreografi yang cantik,” jelas Mega.
Rizky salah satu anggota Elf Kudus menjelaskan, makna komunitas ini baginya. ”Di sini kami bisa bertukar pikiran yang positif tentang Suju, dan sharing cerita tentang pengalaman anggota komunitas selama join Elf Kudus. Nantinya masih akan terus buat project, salah satunya untuk menyambut kembali Ye Sung,” paparnya.(Iqbal Na’imy / Ali Muntoha)