Biaya Kampanye Pilkada Ditanggung APBD 

REMBANG – Para bakal calon bupati yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 dapat menghemat biaya kampanye. Pasalnya sebagian dana kampanye akan ditanggung APBD 2015. Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan memfasilitasi pelaksanaan kampanye. Setiap calon bupati hanya memikirkan biaya pertemuan terbatas atau tatap muka, karena kampanye terbuka dilarang pada pilkada yang diwacanakan digelar sekitar Desember 2015 mendatang.

”Setiap calon bupati akan difasilitasi pemasangan alat peraga, baliho, dan spanduk. Pemasangan akan kami hitung secara proporsional di setiap desa dan kecamatan. Selain itu, KPU juga akan memfasilitasi tiga kali debat kandidat yang bisa disaksikan masyarakat secara langsung,” ujar Ketua KPU Rembang Minanus Suud, Jumat (30/1). 

Ia mengatakan, saat ini KPU telah mengalokasikan dana guna fasilitasi kampanye calon bupati berupa penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga, iklan di media cetak dan elektronik, serta debat publik atau debat terbuka antarcalon. Untuk anggaran tersebut sudah termasuk dalam biaya penyelenggaraan Pilkada Rembang yang diperkirakan mencapai Rp16 miliar.

”Dengan adanya berbagai fasilitasi tersebut, maka biaya yang dikeluarkan tim kampanye otomatis akan berkurang. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapat pemimpin yang baik dan tepat. Terbitnya kebijakan baru ini juga melarang partai politik untuk memungut uang dari calon bupati yang diusung,” terangnya.

Minanus Suud juga menyebutkan, anggaran kampanye Pilkada 2015 yang ditanggung APBD, sesuai dengan amanat Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pilkada Langsung. Sedangkan bagi pilkada serentak pada 2016 hingga 2018, juga direncanakan dibiayai APBN. 

Saat ini KPU RI juga telah mengeluarkan tiga rancangan Peraturan KPU. Yakni rancangan PKPU tentang tahapan, program, dan jadwal pilkada, serta rancangan PKPU tentang pencalonan dan pemutakhiran daftar pemilih. 

”Jadwal pendaftaran bakal calon bupati akan mulai kami sosialisasikan pada Sabtu (31/1).  Namun pendaftaran bakal calon baru dibuka pada 26 Februari hingga 3 Maret 2015,” imbuhnya. (Ahmad Feri/Sumarni)