3 Pengelola  Kafe di Kecamata Gubug dan Purwodadi Segera Disidang

Petugas gabungan menyita sejumlah peralatan musik di sebuah tempat karaoke di Kecamatan Gubug, bebeapa waktu lalu. Tiga pengelola kafe dan tempat karaoke di Kecamata Gubug dan Purwodadi segera menjalani sidang karena melanggar perda. (KOMA/Rubadi)

GROBOGAN – Tiga pengelola kafe dan tempat karaoke di Kecamata Gubug dan Purwodadi segera menjalani sidang di Pengadilan Negeri setempat. Ketiga tempat hiburan malam itu, harus menjalani sidang karena melanggar Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum dan Perda Nomor3 Tahun 2011 tentang Izin Gangguan.

Kepala Seksi Binpol Satpol PP Grobogan Gunawan Widodo mengatakan, tiga tempat hiburan malam yang melaggar perda yakni, Karaoke Dewi Sri dan Bang Ronny, keduanya berada di Kecamatan Gubug, serta Karaoke Daun Fulus di Jalan Gajah Mada, Purwodadi. 

”Berkas Karaoke Dewi Sri sudah lengkap, tinggal melimpahkan ke PN Purwodadi. Sedang dua karaoke lain, yaitu Karaoke Bang Ronny dan Daun Fulus dalam proses pemberkasan,” katanya, Jumat (30/1).

Ia mengatakan, tiga tempat karaoke yang melanggar akan disidangkan secara bersamaan.  Akibat pelanggaran tersebut, pengelola tempat karaoke akan mendapat ancaman hukuman kurangan tiga bulan dan denda sebesar Rp 15 juta. 

”Selain menyita seratus lebih botol miras berbagai merek dari tiga tempat karaoke itu, petugas juga mengamankan 2,5 liter arak, serta peralatan karaoke,” katanya.

Sesuai peraturan, lanjut dia, setiap tempat yang menjual minuman keras (miras) harus mengantongi izin surat keterangan penjual langsung (SKPL). Sehingga tidak terjaring petugas, terutama saat ada pemeriksaan ataupun razia seperti yang kerap dilakukan petugas gabungan Satpol PP, Polres, serta instansi terkait lain.

”Selain tiga karaoke tersebut, kami juga akan menyidangkan 17 tempat karaoke di lokalisasi Koplak Dokar. Sebanyak 17 kafe tersebut merupakan hasil razia pada Jumat malam (16/1) lalu. Razia dilakukan petugas gabungan dari Satpol PP, Dinsosnakertrans, Polres Grobogan, Kodim 0717 Purwodadi, FKUB dan tokoh masyarakat,” katanya. (Rubadi/Sumarni)