Satpam Masih Dibutuhkan untuk Jaga Kamtibmas Bantu Polisi

JEPARA-Peran anggota Satuan Pengamanan (satpam) masih sangat dibutuhkan, dalam mendukung pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Yakni, melalui kewenangan terbatas di lingkungan kerja masing-masing. Hal itu dikatakan Kapolres AKBP Fajar Budiyanto pada apel peringatan HUT ke-34 Satpam, di halaman Mapolres, kemarin.

Menurut kapolres, peran Satpam sangat diperlukan, untuk menghadapi berbagai perkembangan dan dinamika kamtibmas sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi dan isu-isu global. Misalnya soal demokrasi, perlindungan hukum dan HAM, lingkungan hidup dan lainnya. Sehingga, keberadaannya sangat membantu tugas Polri dalam mengayomi masyarakat. 

”Satpam telah mempu menunjukkan kinerjanya dengan baik. Utamanya dalam membantu Polri dalam membina keamanan dan ketertiban masyarakat. Mulai dari meningkatkan kewaspadaan keamanan di tempat bertugas, pengamanan pelaku kejahatan dan memberikan informasi terkait tindak pidana serta gangguan kamtibmas lainnya,” kata AKBP Fajar kepada murianews.

Menurutnya, tugas Polri sangat terbantu dengan kehadiran anggota Satpam yang ikut berpatroli di wilayah masing-masing. ”Harapannya, bisa menyiapkan personel Satpam yang memiliki kemampuan dasar, menengah serta manajerial,” jelas Fajar. (Wahyu KZ / Aries Budi)