Polder Tanggulangin Siap Atasi Genangan 

KUDUS – Polder Tanggulangin tak jauh dari Sungai Wulan, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, dinilai siap difungsikan. Berdasarkan pengecekan terakhir yang dilakukan anggota DPRD Kudus, Rabu (30/12), kondisi polder untuk mengatasi banjir di kawasan Terminal Induk Kudus itu dalam kondisi baik.

Ketua Komisi C DPRD Kudus Jati Agus Imakuddin mengatakan, polder sudah siap difungsikan. Melihat dari alat yang sudah dicek, pompa polder akan mampu menyedot air dan dibuang ke Sungai Wulan.

”Tadi sudah dihidupkan, polder sudah bisa digunakan dengan normal. Dan jika hujan turun dan ada genangan air di wilayah terminal, bisa disedok ke polder atau dibuang ke Sungai Wulan,” kata Agus, kepada  Murianews.com, Selasa (30/12).

Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan, polder hanya mampu mengurangi debit air. Sebab saat ini hanya ada hanya satu polder, dan tidak bisa menyedot genangan dalam volume melebihi kapasitas polder.

Dia mengatakan, polder tersebut sudah siap dipakai kapanpun. Hanya saja, terdapat kendala dengan tombol otomatisnya. Sehingga harus menyambung kabel secara maual untuk menghidupkannya. (Faisol Hadi / Suwoko)