Legislatif Kudus Sidak Serentak Kinerja Eksekutif 

KUDUS – Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kudus, mendadak melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kinerja eksekutif yang terkait dengan pelayanan publik. Sidak ini digelar serentak Selasa (30/12), dan menemukan masih amburadulnya kinerja dari eksekutif.

Dalam sidak kemarin, anggota dewan dibagi menjadi empat kelompok. Atau sesuai daerah pemilihan (dapil) mereka masing-masing. Yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan ke sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pelayanan publik, hingga ke proyek-proyek publik yang telah dibangun.

Ketua Komisi C Agus Imakuddin yang juga berasal dari Dapil Jati dan Kota mengatakan, sidak ini dilakukan dengan tujuan lebih dekat dengan masyarakat. ”Akan menjadi hal yang ironis, jika sudah menjadi anggota dewan, namun tidak menguasai wilayahnya. Maka dari itu, kami menggunakan sistem semacam ini, untuk mendekatkan anggota dengan wilayah agar paham lokasinya,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Udin tersebut, misalnya saja terkait dengan kinerja PNS yang dinilai masih harus diperbaiki. Sidak bertujuan untuk mengingatkan PNS, agar bisa bersiap dengan peraturan yang lebih ketat. Sebab mulai 2015 mendatang, PNS akan dilakukan absensi dengan menggunakan elektronik presensi atau e-presensi. 

”Dengan demikian, maka kinerja PNS dapat dimaksimalkan dan terpantau oleh masyarakat. Hal itu pula merupakan hasil dari studi banding yang kami lakukan beberapa waktu yang lalu. Sehingga jika PNS masih saja tidak disiplin, maka itu berarti mereka akan rugi nantinya,” paparnya. (Faisol Hadi/Merie)