Belum Lama Diperbaiki, Atap Museum Kartini Kembali Bocor

REMBANG- Kondisi atap bagian belakang Pendapa Museum Kartini Kabupaten Rembang memprihatinkan. Meski Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) belum lama memperbaiki, kini atap bangunan bersejarah tersebut kembali bocor.

Titik yang bocor pada bagian atau tempat perabot meja panjang biasa terpajang itu, diketahui pada Senin (29/12), dan hingga Selasa (30/12) belum ada upaya perbaikan. 

”Kami akan segera mengontak rekanan untuk segera memperbaiki atap, karena masih dalam masa perawatan. Kami baru mengetahui atap bocor setelah hujan turun lebat. Saat proses perbaikanbeberapa waktu lalu, para pekerja juga tidak tahu kalau ada bagian yang bocor,” ujar Kepala Dinbudparpora Rembang Sunarto, kemarin.

Bocornya atap Museum Kartini Rembang sebelumnya terjadi pada 2012 lalu, ketika belum genap setahun direvitalisasi pada 2011, belasan titik juga mengalami bocor. Perbaikan pada 2012, proyek belum diserahterimakan dari pihak pelaksana kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. 

Sedangkan 21 April 2014, Dinbudparpora setempat telah menerima kucuran dana Rp 757 juta dari APBD Rembang guna pembangunan dan pengembangan daya tarik museum.Dana sebesar itu digunakan untuk menambahkan arena permainan edukatif bagi pengunjung Museum Kartini. (Ahmad Feri/Sumarni)