Asyik, Upah 171 Tenaga Honorer Naik

REMBANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menetapkan upah bagi 171 tenaga honorer sebesar Rp 1.120 ribu atau sesuai dengan ketetapan upah minimum kabupaten (UMK) 2015. Hal ini diutarakan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rembang Abdul Hafidz menyerahkan Surat Keputusan (SK) penyesuaian tenaga honorer di Gedung Hijau kompleks Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang, Selasa (30/12).

”Dengan adanya penyesuaian upah tenaga honorer yang sebelumnya sebesar Rp 350 hingga Rp 500 ribu, sekarang akan disesuaikan dengan UMK. Penyesuaian kami harapkan bisa meningkatkan kinerja seluruh tenaga honorer. Sebab peningkatan kerja sudah seharusnya dibarengi dengan peningkatan kinerja,” ujar Abdul Hafidz, kemarin.

Menurut Plt bupati, tidak rasional jika pemkab yang menetapkan UMK tetapi tenaga honorer pemerintah justru digaji di bawah UMK. Karena peningkatan upah selain disesuaikan dengan besaran UMK, juga disesuaikan dari ijasah dan pengabdian kinerja tenaga honorer. 

”Sebab semua sudah diatur dalam UU Aparatur Sipil Negara maupun dari ketentuan tentang Pegawai Negeri P3K atau Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak,” katanya. (Ahmad Feri/Sumarni)