Warga Kudus yang Hobi Jalan-jalan ke Luar Negeri, Jangan Kuatir, Karena Jenang Ada Di Luar Negeri

KUDUS – Hardi Julendra, Kepala UPT BPPTK LIPI mengatakan, pihaknya sangat senang telah bekerja sama dengan perusahaan tradisional ternama di Kudus itu. Selain itu Mubarok juga dianggap produsen camilan yang sudah memiliki nama di luar negeri.

”Akan lebih mudah dalam kerja sama nanti, Mubarok sudah dikenal pasar luar negeri. Jadi lebih mudah dalam memasarkan produknya nanti,” ujarnya.

Menurut dia, kerja sama yang dijalin dengan Mubarok, selain terkait rasanya, juga dirancang bahannya. Pihaknya menggagas produk jenang berbahan herbal. Hal itu dilakukan karena ada permintaan dari konsumen.

Dia menambahkan, terdapat lima poin perubahan dalam produksi jenang nantinya. Misalnya perbaikan proses yang akan dilakukan lebih bagus dan produk yang lebih matang. Selain itu dilakukan pengembangan usaha dengan pangsa pasar yang lebih banyak.

”Kami sudah melakukan penelitian mengenai hal tersebut, dan hingga kini terus berjalan. Untuk menentukan hal itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar,” tuturnya.

Hardi menjelaskan, LIPI tidak hanya menjalin kerja sama dengan produk camilan kering saja. Pihaknya juga menggandeng perusahaan makanan tradisional untuk dikemas lebih bagus lagi. Misalnya makanan Pecel Colo yang dikalengkan. (Faisol Hadi / Akrom Hazami)