Pengguna Asuransi Kesehatan Tak Dapat Layanan Kesehatan Gratis

KUDUS – Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kudus Maryata mengatakan, pengguna jaminan kesehatan juga tidak mendapatkan layanan gratis rumah sakit di Kudus. Hal itu dikarenakan pengguna jaminan kesehatan dianggap sudah mampu.

Pemerintah Kabupaten Kudus akan memberikan layanan kesehatan gratis pada masyarakat untuk layanan kelas tiga, tahun depan. Namun pasien harus memenuhi sejumlah syarat, diantaranya surat rujukan dari puskesmas. Selain surat rujukan tersebut, syarat lainnya pasien harus menunjukkan E-KTP. 

Menurutnya, disyaratkannya rujukan tersebut untuk menghidupkan kembali layanan puskesmas di tiap kecamatan. Selain itu, tidak semua penyakit harus ditangani di rumah sakit. 

Puskesmas di Kudus, katanya, saat ini banyak yang telah dilengkapi dengan layanan rawat inap. Layanan tersebut diberikan untuk membantu masyarakat berobat ke tempat yang lebih dekat. Sejumlah puskesmas di Kudus saat ini memiliki fasilitas yang tak kalah dengan rumah sakit. Di puskesmas juga terdapat dokter, perawat, bidan dan obat yang yang dibutuhkan.

”Kami ingin menghidupkan kembali fungsi puskesmas. Untuk berobat tidak harus ke rumah sakit.  Selain itu ada pusat kesehatan di beberapa desa. Tujuannya jelas mendekatkan layanan kesehatan dengan masyarakat. Pasien yang dirujuk ke rumah sakit jika memang benar-benar puskesmas tak mampu menangani,” ujar Maryata.(Faisol Hadi/ Suwoko)