Pasien Layanan Kesehatan Gratis Harus Lampirkan Rujukan Puskesmas

KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus akan memberikan layanan kesehatan gratis pada masyarakat untuk layanan kelas tiga, tahun depan. Namun pasien harus memenuhi sejumlah syarat, diantaranya surat rujukan dari puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kudus Maryata mengatakan, selain surat rujukan tersebut, syarat lainnya pasien harus menunjukkan E-KTP. 

”Jadi prosesnya yang pertama harus warga Kudus, dengan bukti E-KTP. Kemudian pasien tidak bisa langsung ke rumah sakit, harus ditangani di puskesmas dulu. Jika puskesma tidak bisa, akan dirujuk ke rumah sakit,” kata Maryata kepada Murianews.com, Jumat (28/11/2014).

Menurut Maryata, progam tersebut akan dilaksanakan pada 2015 mendatang. Dan pelaksanaan progam itu dilakukan untuk semua kalangan masyarakat di Kudus. Termasuk kalangan yang sudah mampu juga mendapatkan fasilitas tersebut. Hanya saja, pemkab menganggarkan hanya untuk layanan kelas tiga saja. Sedangkan jika pasien yang menggunakan layanan kelas yang lebih tingggi, bantuan langsung digugurkan. (Faisol Hadi / Suwoko)