Loading...
You are here:  Home  >  Seni & Budaya  >  Artikel ini

Tiket KA Ekonomi Naik 100% Mulai 1 Januari 2015



Reporter:    /  @ 02:24:31  /  31 Oktober 2014

    Print       Email

Per 1 Januari 2015 mendatang, PT KAI menaikkan harga tiket KA ekonomi jarak jauh. Kenaikan tiket KA ekonomi itu berlaku untuk KA yang beroperasi di Jawa dan Sumatera. (ANTARA / Akbar Nugroho Gumay)

BLORA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Kembali menaikkan harga tiket tarif kereta api (KA) ekonomi mulai 1 Januari 2015 mendatang. Kenaikan tersebut berdasarkan pada penyesuaian public service obligation (PSO) PT KAI untuk para penumpang KA. Dengan pemberlakukan tersebut, maka masyarakat yang memesan tiket mulai pukul 00.00 pada 2 Oktober lalu (H-90) untuk keberangkatan 1 Januari 2015, sudah memakai tarif tanpa PSO.

Kepala Stasiun KA Cepu Nurtain mengatakan, kenaikan harga tiket KA ekonomi tersebut berlaku pada KA Kertajaya Ekonomi. Sebab, selama ini KA Kertajaya kelas ekonomi mendapatkan subsidi dari pemerintah. Sehingga, jika subsidinya dicabut, maka tarif KA Kertajaya Ekonomi kembali normal.

”Naiknya 100 persen. Untuk tiket ekonomi jurusan Surabaya-Jakarta misalnya, dari Rp 50 ribu naik menjadi Rp 135 ribu,” kata Nurtain, kemarin.

Menurutnya, meski tiket KA ekonomi mengalami kenaikan, namun tidak memengaruhi penjualan tiket. Masyarakat tetap antusias menggunakan moda transportasi masal itu. ”Buktinya, penjualan tiket setiap harinya terjual lebih dari 50 persen,” imbuh Nurtain.

Dia menjelaskan, untuk 742 tempat duduk di KA Kertajaya Ekonomi satu perjalanan sudah terjual sekitar 371 unit. Sehingga, kenaikan tersebut tidak terlalu dipikirkan masyarakat. Karena, para pengguna KA menilai, jika ada kenaikan akan diimbangi dengan penambahan fasilitas yang ada.

Diketahui, dengan pencabutan subsidi KA ekonomi itu, maka PSO rencananya akan dialokasikan ke kereta lokal dan commuter. Porsinya, 2/3 untuk kereta commuter dan 1/3 untuk kereta lokal. Alokasi subsidi tersebut, nantinya dipakai untuk peremajaan moda, perbaikan pelayanan hingga renovasi stasiun. (Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →