Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

30 Titik Pipa PDAM di Rembang Bocor



Reporter:    /  @ 02:28:15  /  30 Oktober 2014

    Print       Email

REMBANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rembang, kini tengah fokus melakukan perbaikan 30 titik jaringan pipa yang mengalami kebocoran. Kerusakan ini terjadi antara jaringan pipa yang keluar dari Embung Banyukuwung hingga instalasi pengolahan air di Pentil. 

Kepala Bagian Teknik PDAM Rembang Suroso mengatakan, selain memperbaiki puluhan pipa bocor, akhir Oktober ini PDAM juga bakal memperbaiki instalasi pengolahan air di Grawan Kecamatan Sumber, Pentil-Gunungsari, Kecamatan Kaliori, dan Jatimudo-Kecamatan Sulang.

”Saat ini kami tengah melakukan perbaikan jaringan yang rusak akibat ulah sebagian petani di wilayah Kecamatan Sumber. Perbaikan pipa jaringan tidak mengenal musim. Khusus

di jangka dekat ini, kami sedang memperbaiki jaringan pipa yang bocor sekitar 30 titik,” ujar Suroso, Rabu (29/10).

Ia menjelaskan, jaringan pipa yang bocor ini dilubangi petani yang butuh air. Modusnya, pipa dilubangi agar airnya mengalir ke sungai, lantas disedot dengan pompa untuk dialirkan ke lahan pertanian. Menurutnya, perbaikan diakukan dengan penambalan dan pengecoran pada beberapa titik yang rusak. 

”Semua instalasi pengolahan yang saat ini tidak beroperasi tengah diperbaiki, yakni instalasi di Grawan, Pentil, dan Jatimudo. Perawatan dilakukan terhadap piranti yang sudah keropos, aus, atau perlu pengecatan,” katanya. 

Ia menyebutkan, pihaknya leluasa melakukan perbaikan dan perawatan, karena sejak 14 Oktober 2014, tiga embung yang memasok air di tiga instalasi pengolahan air itu, sudah tidak lagi memproduksi air. Yakni Embung Grawan, Embung Banyukuwung, dan Embung Jatimudo. (Ahmad Feri/Sumarni )

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →