Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Kini Perpanjangan SIM Bisa Melalui SMS



Reporter:    /  @ 01:45:51  /  30 Oktober 2014

    Print       Email

KUDUS – Kapolres Kudus AKBP Bambang Murdoko mengemukakan, layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) kini bisa melalui layanan pesan singkat (SMS). Diharapkan layanan tersebut mampu menekan percaloan.

”Masyarakat yang hendak mendaftar tidak perlu datang ke kantor tetapi cukup SMS terlebih dahulu. Sembari melengkapi persyaratan yang dibutuhkan selang beberapa hari setelah pendaftaran bisa datang ke Kantor Polres Kudus untuk mengurus perpanjangan SIM,” ujarnya di Kudus, Rabu (29/10), seperti ditulis Antara.

Sejauh ini, kata dia, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan program layanan SMS booking tersebut dalam memperpanjang SIM. Bahkan beberapa orang yang memanfaatkan warga yang sedang berada di luar Jawa. Sehingga ketika sampai di Kudus tinggal menyerahkan berkas persyaratannya.

Masyarakat yang belum mengetahui persyaratan yang dibutuhkan, katanya, akan mendapatkan SMS balasan agar mempersiapkan persyaratan. Di antaranya fotokopi KTP, SIM asli dan surat keterangan sehat dari dokter.

Dia menjelaskan, masyarakat juga bisa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti melalui nomor kontak SMS yang sudah disediakan, yakni ke nomor 081228637328. Untuk mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter, masyarakat dilayani di kompleks Asrama Polisi Rendeng Kudus.

”Adapun format pesan yang harus diketik ketika hendak mendaftar, yakni nama, nomor SIM dan jenis SIM,” tuturnya.

Sosialisasi program baru tersebut, kata Bambang, sudah dilakukan melalui pemasangan poster yang dipasang di kantor pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM. Selain itu, Polres Kudus juga melakukan sosialisasi SMS booking ke sejumlah media guna memudahkan masyarakat dalam melakukan perpanjangan SIM tanpa harus antre lama. (Suwoko)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →