Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Aksi Truk Kencing Digagalkan



Reporter:    /  @ 01:34:14  /  30 Oktober 2014

    Print       Email

Kapolsek Tambakromo (kanan bertopi) memeriksa truk yang diamankan karena diduga melakukan penyelewengan pupuk cair. (KOMA / Syamsul Falak)

PATI – Jajaran Polsek Tambakromo mengamankan dua orang sopir tangki, yang berasal dari luar daerah, kemarin. Dua orang tersebut diamankan karena diduga melakukan penyelewengan pupuk organik cair.

Tidak tanggung-tanggung, pupuk yang terindikasi akan diselewengkan itu berjumlah 54 ton. Penyergapan itu dilakukan saat personel Polsek Tambakromo melakukan patroli rutin di jalan Tambakromo-Kayen, tepatnya di Desa Mangunrekso, Kecamatan Tambakromo.

Kapolsek Tambakromo Iptu Wasito mengatakan, dua orang yang diamankan itu adalah Zakaria, warga Desa Watukosek, Kecamatan Gempol Pasuruan, dan Mulyadi, warga Desa Kawisrejo, Kecamatan Rejosa, Pasuruan.

Modus yang digunakan dengan model truk kencing. Yakni memindahkan pupuk cair dari truk tangki besar, ke truk tangki kecil. Aksi itu dipergoki polisi yang tengah menggelar patroli. 

”Sekitar pukul 10.00 WIB, anggota mendapati ada aktivitas mencurigakan. Yakni truk tangki bernopol N 9266 US dan N 8971 US tengah memindahkan muatan pupuk cair ke truk tangki kecil bernopol K 1416 LA. Sehingga kami sergap,” katanya, kemarin.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui, pupuk organik yang diangkut dua truk tangki itu seharusnya dikirimkan ke Kabupaten Karanganyar. Namun pada kenyataannya justru diecer di Kecamatan Tambakromo.

”Padahal di masing-masing truk tangki itu mengangkut sekitar 27 ton pupuk organik cair. Pupuk itu diambil dari daerah Jombang, Jawa Timur. Sedangkan dari pengakuan para sopir, pupuk cair itu akan dikirimkan ke sejumlah pengecer di Pati,” ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih berupaya mengumpulkan sejumlah bukti. Pihaknya juga masih mengumpulkan keterangan dari sopir. Hanya saja hingga saat ini kedua sopir belum ditetapkan sebagai tersangka.

”Kasus ini memang akan kami limpahkan ke Polres Pati. Pasalnya, dalam penanganan kasus ini masuk dalam pidana khusus,” pungkasnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →