Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Sekda Segera Tunjuk Plt Kadisporabudpar Kabupaten Grobogan



Reporter:    /  @ 01:28:18  /  30 Oktober 2014

    Print       Email

GROBOGAN – Pasca-penahanan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Grobogan Heryi Rusdjijanto pada Selasa (28/10) kemarin, sekretaris daerah setempat segera menunjuk pelaksana tugas (Plt) Disporabudpar sebagai pengganti. Sementara ini, urusan administrasi dan tanggungjawab Heryi akan diambilalih sekretaris.

Sekda Kabupaten Grobogan Sugiyanto menjelaskan, meski penunjukan Plt penting namun pihaknya belum bisa melakukanya dalam waktu dekat,. Penunjukan Plt dilakukan setelah ada surat pemberitahuan resmi dari Kejaksaan Negeri Purwodadi.

Menurutnya, surat tersebut sebagai dasar penonaktifan Heryi sebagai kepala dinas, karena menjadi tersangka kasus pemotongan bantuan sosial Provinsi Jateng tahun 2011, sekaligus untuk mengetahui berapa lama durasi penahanannya. 

”Posisi Plt penting karena saat ini masih tahapan pembahasan plafon anggaran yang akan ditetapkan menjadi APBD 2015 mendatang. Pembahasan sudah disidangkan Badan Anggaran DPRD selama dua hari, kemudian dilakukan pembahasan terperinci di tingkat komisi,” terangnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Grobogan Heryi Rusdjijanto ditetapkan menjadi tahanan Kejari Purwodadi, Selasa (28/10) sekitar pukul 16.00. Setelah diperiksa selama lima jam sebagai saksi atas tersangka Khomsatun terkait kasus pemotongan bantuan sosial (bansos) Provisnsi Jateng 2011, Heryi dititipkan oleh jaksa ke Rutan Purwodadi.  

Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Purwodadi Askari mengatakan, penahanan dilakukan untuk mencegah tersangka melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti, serta mengulangi perbuatan pidana. Masa penahanan pertama ini berdurasi 20 hari dan bisa diperpanjang pada penahanan kedua 40 hari. 

Kejari kini telah menetapkan tiga tersangka dalam perkara Bansos Provinsi 2011. Yakni Heryi, Khomsatun, dan Hutomo yang merupakan mantan suami Khomsatun. Namun hingga  saat ini Hutomo menghilang setelah ditetapkan sebagai tersangka. Jika berkas sudah dilimpahkan di Pengadilan Tipikor tanpa Hutomo, maka akan disidangkan dengan status in absentia. (Nurokhim/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →