Loading...
You are here:  Home  >  Politik & Pemerintahan  >  Artikel ini

Kudus Harus Maju Dalam IT



Reporter:    /  @ 01:19:06  /  30 Oktober 2014

    Print       Email

Kudus saat ini harus maju dalam segala bidang, salah satunya Information Technology (IT). Terlebih banyak blogger dan programmer handal yang terlahir dari kota kecil ini. Dengan adannya kemajuan IT, maka kota yang terkenal akan industrinya juga disegani dalam bidang teknologi.

Saat ini menurut Danu salah satu penggagas Holy Blogger, kemajuan IT lebih banyak berpusat pada kota besar, misalnya Jakarta dan Yogyakarta. Di sana lebih banyak terdapat sumber daya manusia (SDM) dengan kualitas unggulan sehingga mampu melahirkan terobosan-terobosan dalam dunia IT.

Melihat perkembangan teknologi di kedua kota besar tersebut, Kudus harus bangun dari tidur lelapnya dalam bidang teknologi. Dengan begitu kemajuan Kudus, dapat dilihat dari berbagai sektor. 

”Kudus sudah banyak melahirkan blogger dan programmer handal, mereka harus disatukan menjadi tim kerja untuk membuat dunia IT Kudus maju. Kami dari komunitas blogger selalu menginginkan hal seperti itu,” kata Danu.

Beberapa tahun mendatang, kebutuhan IT sangat tinggi. Dengan adanya blog, maka akan mempermudah wilayah yang tidak dapat dijangkau dapat mudah dihubungkan dengan teknologi tersebut. Dengan teknologi semua akan mudah diakses juga hemat waktu dan biaya.

Menurutnya, beberapa desa sudah mulai mempromosikan daerahnya dengan blog ataupun bentuk media informasi lainnya. Baginya, ini sudah merupakan kemajuan yang sangat luar biasa, karena juga sangat membantu perekonomian. Karena blog menjadi salah satu media promosi yang murah dan mencakup seluruh penjuru dunia.

”Saya lihat diberbagai desa di Kudus, sudah mulai memanfaatkan sarana informasi ini. Pastinya sangat menguntungkan bagi mereka, jika terus dirawat dan di update informasi di dalamnya. Sehingga masyarakat yang ingin mengetahui wilayah mereka hanya dengan sekali klik, informasi dapat dengan mudah diperoleh,” jelasnya.

Kemajuan IT juga harus ditunjang dengan berbagai sektor, salah satunya adalah akses internet. Akses internet gratis menurutnya harus diperbanyak dan ditingkatkan kecepatannya di tiap daerah. Sehingga pengguna tidak enggan, untuk memanfaatkan internet.

Anak muda Kudus kini banyak yang tertarik dalam dunia IT, dan beberapa sekolah baik SMK dan perguruan tinggi di Kudus menyediakan program studi tersebut. Ini merupakan salah satu penunjang untuk menciptakan generasi Kudus, untuk handal dalam teknologi informasi.

Ia mengatakan, generasi tersebut haruslah diberikan tempat khusus untuk dapat menyalurkan hobi tersebut. Sehingga mereka merasa terfasilitasi, dan tentu dari situlah mereka lebih nyaman dan diperhatikan dalam mengembangkan kemampuannya.

”Anak muda Kudus saat ini luar biasa hebat. Banyak sekolah yang mengajarkan pendidikan IT, namun memang belum spesifik. Maka dibutuhkan forum untuk mengumpulkan mereka dan diberi pembelajaran IT lebih dalam lagi, oleh para senior berpengalaman dalam dunia IT,” papar Danu.

Dia megatakan, memang saat ini Kudus perlu organisasi atau forum nyata untuk mengumpulkan mereka. Lewat Holy Blogger, Danu berharap bisa menjadi salah satu wadah yang bermanfaat untuk belajar dan berkembang bersama. Namun yang masih menjadi kendala adalah kedua penggagas komunitas tersebut, baik Feri dan Danu lebih sering di Semarang karena menempuh kuliah. Sharing ilmu mereka lakukan lebih sering lewat media sosial, blog maupun blackberry messanger (BBM).

”Jarak saya dan kegiatan yang padat, membuat saya tidak banyak bisa bergerak. Saya dan rekan-rekan sudah mencoba untuk merancang hal tersebut, semoga tahun depan bisa kami realisasikan,” imbuh Danu. (Wahyu Kristianto/ Titis Ayu)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →