Loading...
You are here:  Home  >  Olahraga  >  Artikel ini

23 Pemain Masuk Ballon D’Or



Reporter:    /  @ 01:15:57  /  29 Oktober 2014

    Print       Email

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu nomine peraih anugerah FIFA Ballon d’Or 2014. FIFA merilis 23 nama pemainyang masuk dalam kandidat pemain terbaik tersebut.

PARIS – Para kandidat untuk anugerah FIFA Ballon d’Or 2014 telah resmi diumumkan oleh federasi sepakbola dunia itu pada Selasa (28/10) ini. Dua nama “tradisional”, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, kembali tercantum di antara 23 nomine. 

Sejak gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA dan titel Ballon d’Or dari majalah France Football dilebur menjadi satu pada 2010, Messi mencaplok tiga gelar beruntun sebelum Ronaldo menghentikan dominasi strikerBarcelona itu tahun lalu.

Dikutip Goal Indonesia, daftar nominasi tahun ini menampilkan 17 pemain dari Eropa, lima dari Amerika Selatan, plus satu dari Afrika, Yaya Toure. Juara Piala Dunia 2014, Jerman, menjadi negara dengan wakil terbanyak, yaitu enam pemain.

Untuk kategori klub, Real Madrid dan Bayern Muenchen paling banyak mengutus pemain (6), diikuti Barcelona yang direpresentasikan empat penggawanya. Dua pemain berposisi penjaga gawang ikut meramaikan persaingan, yakni Manuel Neuer dan Thibaut Courtois. 

Total 23 pemain ini nantinya akan dikerucutkan menjadi tiga finalis utama pada 1 Desember sebelum sang pemenang diumumkan dalam seremoni FIFA Ballon d’Or Gala di Zurich Kongresshaus pada 12 Januari 2015.

Keputusan final diambil berdasarkan hasil voting dari para kapten dan pelatih kepala setiap tim nasional anggota FIFA, juga perwakilan media internasional yang dipilih oleh France Football.

Mempertahankan Ballon d’Or diyakini akan bisa dilakukan Cristiano Ronaldo. CR7 sendiri mengaku tak mau terlalu memusingkan hal itu dan menyebut targetnya cuma masuk tiga besar.

Setelah meraih Ballon d’Or keduanya pada awal 2014 lalu, Ronaldo diprediksi akan bisa kembali meraihnya saat even tersebut digelar pada awal 2015 mendatang. Performa Ronaldo yang sangat mencolok jadi tolok ukurnya.

Meski gagal di La Liga dan Copa del Rey, Ronaldo sukses mengantar Real Madrid memenangi La Decima di Liga Champions. Di kompetisi tersebut dia juga memecahkan rekor dengan total membuat 17 gol.

”Target saya adalah berada di tiga besar. Saya tidak mengkhawatirkan hal itu, saya tidak menjadi sulit tidur hanya karena memikirkan Ballon d’Or. Para kapten dan pelatih punya waktu untuk memilihnya, tapi bukan saya yang membuat keputusan,” sahut Ronaldo di Marca.

Soal betapa hebatnya Ronaldo di musim ini juga tergambar dari jumlah trigol yang sudah dia bukukan. Di musim ini sudah tiga trigol dia bukukan yakni ke gawang Deportivo La Coruna, Elche (4 gol) dan Atletic Bilbao. Atas torehan hebat tersebut Carlo Ancelotti beberapa hari lalu menyebut Ronaldo sangat pantas meraih kembali Ballon d’Or. (Akrom Hazami)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →