Loading...
You are here:  Home  >  Olahraga  >  Artikel ini

Caterham dan Marussia Absen di AS



Reporter:    /  @ 01:09:38  /  29 Oktober 2014

    Print       Email

Pembalap Marussia Jules Bianchi (depan) beradu cepat dengan pembalap Caterham di Seri Australia. Keduanya dipastikan absen di GP AS setelah mengalami permasalahan finansial.

LONDON – Caterham dan Marussia dipastikan absen di seri Amerika Serikan pekan depan. Keduanya dikabarkan tengah mengalami masalah keuangan akut. Bahkan, supremo F1 Bernie Ecclestone sudah menerima permintaan absen dari kedua klub tersebut.

”Kedua tim tersebut tidak akan ada yang mengikuti balapan di Amerika. Keduanya secara resmi meminta untuk tidak mengikuti balapan karena masalah keuangan,” ujar Ecclestone seperti dikutip Reuters.

Ia menjelaskan, permasalahan Caterham terjadi sejak tim itu ditinggal pemiliknya Tony Fernandes yang hijrah ke sepak bola. Bahkan perusahaan induk, Caterham Sports Limited, yang membawahi tim itu sudah dinyatakan bangkrut.

Caterham kini berada di bawah kekuasaan sebuah firma akuntan yang berbasis di London, Smith & Williamson, selaku administrator mereka. Langkah ini diambil mengingat ada perselisihan di antara Fernandes dengan calon investor baru dari Rumania bernama Engavest. 

Tapi di satu sisi Engavest mengklaim bahwa Fernandes belum menyerahkan seluruh sahamnya di klub itu. Sehingga pria asal Malaysia itu masih bertanggung jawab untuk seluruh aktivitas tim, mengingat statusnya adalah pemilik tim.

Setelah saling klaim dan lempar tanggung jawab di antara Fernandes serta Evangest, akhirnya diputuskan bahwa Caterham akan istirahat sementara dari balapan F1 hingga menemukan pemilik baru.

Selain itu, Marussia F1 Team Racing tengah dirundung duka usai pebalapnya Jules Bianchi mengalami kecelakaan hebat di GP Jepang beberapa waktu lalu. Akibatnya, kini masalah finansial juga menghantam. Terlebih belum ada dana untuk menyiapkan pembalap baru.

”Kami tak bisa memaksa kalau permasalahan dana. Mereka akan diistirahatkan selama beberapa pekan hingga permasalahan itu selesai. Tapi kami akui masih menunggu keduanya untuk balapan,” tegas Ecclestone.

Dengan absennya Caterham dan Marussia, berarti untuk pertama kalinya sejak GP Monako 2005 cuma ada 18 tim yang akan balapan pekan depan. Sembilan tahun lalu tim BAR dilarang membalap di dua seri karena persoalan teknis. (Supriyadi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →