Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Perda Retribusi TPI Segera Direvisi



Reporter:    /  @ 02:42:16  /  28 Oktober 2014

    Print       Email

REMBANG – DPRD Kabupaten Rembang dalam waktu dekat akan merevisi Perda tentang Retribusi Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pasalnya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Perda Nomor 4 Tahun 2009 tentang TPI telah masuk dalam Progam Legislasi Daerah (Prolegda). Kepastian ini terungkap setelah DPRD mendapat pemberitahuan 10 Raperda yang masuk Prolegda.

Ketua Badan Legislasi DPRD Rembang Yudianto mengatakan, Raperda tersebut sebenarnya sempat dibahas anggota DPRD periode 2009-2014 di akhir masa jabatan. Namun tidak berhasil, karena dianggap tidak akan tuntas. Rencana penjadwalan resmi untuk dibahas masih menunggu rapat Badan Musyawarah (Banmus) dalam waktu dekat. 

”Untuk saat ini naskah Raperda belum masuk, dan baru ada pemberitahuan terkait 10 Ranperda yang diagendakan masuk Prolegda 2015 nanti. Salah satunya Raperda tentang Perubahan Perda Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pengelolaan TPI,” ujar Yudianto, Senin (27/10).

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Rembang Gatot Paeran mengatakan, revisi perda yang salah satunya juga mengatur proporsi pengelolaan retribusi pelelangan ikan, diharapkan tak lagi molor. 

”Kami berharap agar revisi Perda Nomor 4 Tahun 2009, yang dianggap kurang berpihak kepada nelayan ini, bisa dibahas di ujung akhir jabatan DPRD lama. Semoga saja tidak akan molor lagi dari Prolegda 2015,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, pada  24 April 2014 sejumlah nelayan bersama pengurus koperasi unit desa (KUD) mendesak revisi Perda Kabupaten Rembang Nomor 4 Tahun 2009. Mereka menghendaki agar Perda tersebut diubah mengacu pada Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 10 Tahun 2003. (Ahmad Feri/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →