Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

PLTU TJB Genjot Produksi Listrik



Reporter:    /  @ 01:49:29  /  28 Oktober 2014

    Print       Email

JEPARA – PT PLN (Persero) Tanjung Jati B (TJB) menggenjot produksi listrik, karena pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang ada di Kabupaten Batang terkatung-katung. Langkah itu dilakukan, seiring dengan melonjaknya beban listrik di kawasan Jawa-Bali.

GM PT PLN (Persero) TJB Suwarno mengatakan, kebutuhan listrik di kawasan Jawa-Bali terus meningkat, karena konsumsi listrik rumah tangga dan pelaku industri juga terus meningkat. Selama ini, empat unit PLTU TJB mampu menyumbang 12 persen dari kebutuhan listrik di kawasan Jawa-Bali. 

”Sumbangan suplai listrik itu, karena nilai belum secara keseluruhan dari hasil produksi. Sebab, jika dipersentasekan, dari empat unit itu baru berproduksi sekitar 80 persen saja dari kemampuan yang sebenarnya,” kata Suwarno, Senin (27/10).

Menurutnya, jika kemampuan berproduksi TJB digenjot, maka produksi listrik dari empat unit itu bisa mencapai 85 persen atau lebih. Jika langkah tersebut bisa direalisasikan, maka kontribusi empat unit TJB terhadap kebutuhan listrik nasional bisa mencapai 15-18 persen.

”Makanya, kita siap meningkatkan produksi. Saat ini sudah mendekati optimal, dan masih bisa digenjot lagi,” jelas Suwarno.

Disinggung soal rencana pembangunan PLTU TJB unit 5 dan 6, Soewarno menyerahkan hal itu kepada jajaran PLN pusat. Pada prinsipnya, pihaknya siap jika ada dua tambahan dua unit lagi. ”Harus siap, sebab PLTU Batang hingga kini memang belum ada titik temunya,” imbuhnya.

Diketahui, sejumlah pembangkit listrik direncanakan dibangun di sejumlah kawasan.

Salah satunya di Batang, yang diproyeksikan mampu menyokong produksi listrik di kawasan Jawa-Bali. PLTU Batang, rencananya berkapasitas 2×1000 MW. Sementara, suplai listrik selama ini dipasok dari sejumlah PLTU. Contohnya di PLTU TJB Jepara, PLTU Cilacap, PLTU Sluke Rembang, dan PLTU Paiton, Probolinggo, Jawa Timur. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →