Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Diusulkan Tiap Desa Ada Pangkalan



Reporter:    /  @ 02:43:01  /  27 Oktober 2014

    Print       Email

Karyawan distributor elpiji sedang menata tabung kosong, untuk diganti dengan tabung baru yang sudah berisi. Pemkab Pati mengusulkan Pertamina membangun pangkalan di tiap desa. (KOMA / Syamsul Falak)

PATI – Pemkab Pati mengusulkan agar Pertamina membangun pangkalan di setiap desa yang ada di kabupaten ini. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyelewengan serta permainan harga, karena ulah oknum pengecer.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Industri Perdagangan Koperasi dan UMKM Bagian Perekonomian Setda Pati Soewardi menyatakan, pihaknya mengusulkan di tiap desa minimal ada satu pangkalan elpiji. Hal ini menurut dia, untuk memudahkan pemantauan distribusi. Terutama elpiji bersubsidi ukuran 3 kg.
Ia menyatakan, dengan keberadaan pangkalan tiap desa, maka peredaran elpiji bersubsidi bisa dipantau secara rutin. Menurut dia, keberadaan pangkalan mutlak dibutuhkan, sekaligus dikontrol guna menghindari adanya tindak kecurangan.
Hal itu dilakukan, mengingat semakin banyaknya konsumen yang bermigrasi dari elpiji 12 kg ke 3 kg.
”Idealnya, di setiap desa memang harus ada pangkalan. Minimal, harus ada satu, dengan begitu alokasi dan distribusinya bisa lebih diawasi,” katanya kemarin.
Lebih lanjut Soewardi menuturkan, terkait mekanisme penetapan dan penunjukkan pangkalan di setiap desa, menjadi kewenangan Pertamina. Lembaga itu juga yang berwenang terkait standarisasi untuk setiap pangkalan.
Terpisah, perwakilan agen elpiji Pati Lisa menyatakan, usulan untuk menambah pangkalan di setiap desa sebenarnya ide yang bagus. Tapi syangnya menurut dia, untuk mengurus perizinan dan proses pembuatan pangkalan, sangat bergantung pada kebijakan Pertamina.
”Jika memang mau ditunjuk, jelas lebih bagus dan memudahkan kerja agen dalam pendistribusian elpiji. Tapi konsekuensinya, semua pihak yang ditunjuk juga harus siap menerima sanksi dan bertangungjawab jika diketahui bermasalah,” pungkasnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →