Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Laporkan Rokok Ilegal



Reporter:    /  @ 02:28:45  /  27 Oktober 2014

    Print       Email

Petugas Bea dan Cukai memeriksa rokok ilegal yang hasil razia dari sejumlah tempat. Bea Cukai mengajak masyarakat untuk berani melaporkan keberadaan rokok ilegal, karena merugikan negara. (ANTARA)

KOTA SEMARANG – Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas mengajak masyarakat melaporkan rokok ilegal.

Bea Cukai mempunyai program ”Sobo Pasar” untuk menjaring laporan masyarakat. Kegiatan tersebut digelar di sejumlah pasar dan titik lain. Di antaranya Pasar Bulu dan kawasan Tugu Muda Semarang.
Kepala Seksi Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas Imam Sarjono menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman masyarakat mengenai rokok ilegal.
”Dengan edukasi dan pemahaman mengenai rokok ilegal, kami berharap masyarakat mau dan berani untuk melaporkan, apabila ditemukan beredarnya rokok ilegal,” katanya dikutip Antara.
Imam menjelaskan, kegiatan tersebut sebelumnya juga sudah dilakukan di Pasar Salatiga, dengan mendatangi para pedagang dan pembeli. Petugas juga membagikan selebaran berisikan informasi mengenai rokok ilegal.
Untuk mengenali rokok ilegal, lanjut Imam, salah satunya adalah pada kemasan rokok yang tidak dilekati dengan pita cukai. Padahal, cukai rokok adalah pungutan negara, yang menjadi salah satu penyokong signifikan APBN.
Target penerimaan negara dari cukai pada APBN 2014 adalah sebesar Rp117,45 triliun. Atau hampir 10 persen dari total target penerimaan perpajakan (nonmigas) sebesar Rp 1.246,10 triliun. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →