Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Hiburan Malam Tetap Dilarang



Reporter:    /  @ 03:44:39  /  22 Oktober 2014

    Print       Email

JEPARA – Kapolres Jepara AKBP M. Taslim Chairuddin tetap melarang digelarnya orkes hiburan malam atau dangdutan di Kota Ukir. Pihaknya akan bersikap tegas, jika masih ada warga yang tidak mematuhi larangan tersebut. Yakni, dengan cara membubarkan paksa. 

”Kebijakan itu kami buat, semata-mata untuk keamanan warga sendiri. Saya lihat, masih ada warga yang menggelar orkes dangdut di malam hari,” kata Taslim, Selasa (21/10).

Menurutnya, ancaman dikeluarkan karena ada informasi yang masuk dari warga jika ada masih mementaskan musik dangdut di malam hari. Ia menilai, aturan yang sengaja ditegakkan itu, untuk menjaga iklim kondusif di wilayah Jepara. 

”Penduduk di Jepara ini kurang lebih 1,2 juta orang. Jangan sampai diganggu sekelompok orang, yang hanya ingin kesenangan sesat lewat hiburan malam itu,” terang Taslim.

Dia menyatakan, selama ini pihaknya hanya memperbolehkan pertunjukan musik yang tidak menimbulkan hal-hal negatif. Misalnya musik kasidah dan organ tunggal. Selain itu, lokasi hiburan juga tidak boleh disalahgunakan untuk peredaran minuman keras (miras) yang memicu keributan. 

”Kebijakan ini harus mendapat dukungan semua pihak. Termasuk, dari pemerintah dan perangkat desa. Saya berharap, perangkat desa memastikan setiap pertunjukan hiburan yang digelar, tidak melanggar aturan yang telah dikeluarkan,” tegas Taslim.

Diektahui, aturan itu dikeluarkan kapolres, setelah kasus penganiayaan seorang warga hingga meninggal dunia, saat menyaksikan pertunjukan hiburan dangdut beberapa bulan lalu. Kebijakan tersebut, akhirnya mendapat dukungan dari petinggi di Kecamatan Bangsri yang menyatakan pementasan orkes dangdut di malam hari dilarang. Bahkan, Bupati Ahmad Marzuqi juga menyetujui kebijakan itu.

Selama ini, Polres Jepara sudah memberikan toleransi kepada masyarakat. Yakni, jika ingin menggelar pertunjukan dangdut harus siang hari hingga pukul 16.00 WIB. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →