Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah di Tiga Dusun di Desa Krangganharjo



Reporter:    /  @ 03:24:29  /  22 Oktober 2014

    Print       Email

Personel TNI, Polri, serta Satpol PP Grobogan membantu memperbaiki rumah warga di Dusun Nonang, Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, yang rusak akibat diterjang puting beliung, kemarin. (KOMA/ Nurokhim)

GROBOGAN – Sebanyak 523 rumah warga yang tersebar di tiga dusun di Desa Krangganharjo, dan Sugihan, Kecamatan Toroh, porak-poranda dihantam puting beliung pada Senin (20/10) sekitar pukul 16.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

Dari empat dusun yakni Dusun Nonang, Kranggan, Glonggong, dan Sukorejo. Kerusakan paling banyak menimpa rumah warga di Dusun Nonang dengan jumlah kerusakan sekitar 200 unit rumah. Terutama di sembilan rukun tetangga (RT), atap rumah dan perabotan rumah warga rusak diterjang angin kencang.

Camat Toroh Sudarmoyo mengatakan, seluruh rumah yang rusak di tiga dusun di Desa Kranggan, dan Desa Sugihan mencapai sekitar 500 unit.  Terkait kerugian materi atas bencana alam itu, hingga kini pihaknya belum bisa memastikan secara rinci berapa total kerugian karena masih dalam proses pendataan.

”Kami belum bisa memastikan jumlah kerugian akibat puting beliung kemarin. Selain rumah warga, tiga ruang kelas SDN I Kranggan juga gentengnya banyak yang pecah,” ujarnya.

Menurut dia, beberapa saat sebelum hujan lebat mengguyur wilayah Toroh dan sekitarnya, angin kencang menerjang ratusan rumah warga. Hanya dalam waktu kurang dari tiga menit, atap rumah warga berterbangan. Meskipun sebagian besar rumah warga terbuat dari kayu, namun tidak ada yang roboh dihantam  angin kencang tersebut.

Sementara itu, pascabencana puting beliung, puluhan anggota TNI, Polri dan Satpol PP Grobogan, turun tangan membantu warga korban bencana, Selasa (21/10). 

”Kami menurunkan 46 personel untuk membantu warga setempat. Kami prioritaskan rumah janda tua yang tidak mampu bekerja sendiri,” kata Danramil 03 Toroh Kapten Pratiknyo. (Nurokhim/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →