Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Pedagang di Pasar Ngabul Lama Tetap Diimbau Pindah



Reporter:    /  @ 01:42:05  /  22 Oktober 2014

    Print       Email

Belasan pedagang di Pasar Ngabul Lama mengikuti sosialisasi tentang relokasi ke lokasi yang baru, Selasa (21/10). Sosialisasi itu diikuti pedagang yang telah membayarkan uang muka di kios atau los Pasar Ngabul Baru. (KOMA / Wahyu KZ)

JEPARA – Pemkab Jepara dan Pemerintah Desa Ngabul, terus menggelar sosialisasi untuk meminta pedagang Pasar Ngabul Lama bersedia pindah ke tempat yang baru. Termasuk, sosialisasi yang dilakukan di areal pasar lama dengan mengundang sejumlah pedagang, Selasa (21/10). 

Dalam sosialisasi yang digelar tersebut kembali menekankan, jika keputusan merelokasi pedagang sudah final. Keputusan tersebut sudah dibahas jauh hari, dan dikawal sepenuhnya Pemkab Jepara. Bahkan, Wakil Bupati Subroto sendiri turun tangan di dalam menangani pedagang yang enggan direlokasi. 

”Pertemuan itu dihadiri belasan pedagang. Kami tetap tegaskan, para pedagang di pasar lama harus segera pindah. Mereka juga diprioritaskan menempati kios dan los di pasar yang baru,” kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar Mas’ud.

Dia mengatakan, pedagang di pasar lama yang menempati lokasi baru akan digratiskan dari biaya apapun selama tiga bulan. Setelah tiga bulan, mereka baru mulai membayar angsuran. Selain itu, pedagang juga hanya bisa membeli kios atau los sekali untuk selamanya. 

”Pembayaran bisa diangsur selama empat tahun. Untuk retribusi memang tetap ada. Pedagang pasar lama diberi potongan harga,” terang Mas’ud.

Menurutnya, pada hari ini, dia meminta para pedagang pasar lama sudah harus mulai memindahkan barang dagangan ke pasar yang baru. Bagi pedagang yang kesulitan mendapatkan armada untuk memindah barang dagangannya, pihak investor menjanjikan akan menyediakan mobil angkutan. 

Sementara itu, disinggung soal harga kios dan los di pasar yang baru, Mas’ud menjelaskan, untuk los ukuran 3×3,36 meter dipatok Rp 17 juta. Namun, khusus pedagang Pasar Ngabul Lama hanya cukup membayar Rp 13 juta. Sedangkan untuk kios ukuran 2×2,26 meter, harga yang ditawarkan adalah Rp 8 juta. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →