Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Satpol PP Grobogan Tertibkan Reklame Liar



Reporter:    /  @ 02:25:46  /  21 Oktober 2014

    Print       Email

GROBOGAN – Satpol PP Grobogan menertibkan ratusan reklame liar beragam ukuran yang terpasang di sejumlah jalan protokol di wilayah Purwodadi. Petugas mencopot paksa reklame iklan beragam produk dan jasa tersebut karena tidak berizin dan telah melewati batas akhir pemasangan, sehingga merugikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak reklame.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) Kantor Satpol PP Kabupaten Grobogan Agus Sumarsana mengatakan, seluruh poster, spanduk, stiker, dan lainnya yang diamankan petugas telah melanggar Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Pajak Reklame. Sehingga harus dicopot paksa dan diamankan.

Selain tidak berizin dan pemasangan yang tidak sesuai tempatnya, lanjut dia, keberadaan beragam reklame di sejumlah titik pusat keramaian, terutama di sepanjang jalan R Soeprapto telah mengganggu pengguna jalan dan merusak keindahan kota. 

”Sebelum ditertika, kami telah memberikan teguran lisan maupun tulisan kepada pihak pemasang supaya mencopot spanduk atau poster yang izinnya telah kedaluwarsa. Namun pengiklan tidak menghiraukan peringatan tersebut, sehingga petugas mencopot paksa ratusan reklame itu,” ujarnya. 

Sementara itu, salah seorang warga Purwodadi Antoni mendukung kebijakan penertiban terhadap spanduk, baliho, dan lainnya yang marak terpasang di sekitar pusat kota. Apalagi poster-poster yang tertempel di tembok-tembok dan terpaku di pohon peneduh jalan. Selain merusak pemandangan, keberadaan poster yang terpaku di pohon peneduh jalan dapat menyebabkan pohon mati.

”Banyak pemasang iklan yang tidak memahami etika dan merusak lingkungan. Salah satunya maraknya poster-poster yang sengaja dipaku di batang pohon. Hal itu jelas mengancam pertumbuhan pohon serta membuat pemandangan semrawut, tidak tertata, dan kumuh,” tandasnya. (Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →