Loading...
You are here:  Home  >  Politik & Pemerintahan  >  Artikel ini

Pilkades Serentak Tunggu Anggaran



Reporter:    /  @ 01:37:26  /  21 Oktober 2014

    Print       Email

PATI – Pemkab Pati sudah menyiapkan diri untuk menggelar pelaksanaan pilkades serentak tahap pertama, awal 2015 mendatang. Namun kepastian kapan pelaksanaan masih menunggu anggaran disahkan DPRD Pati.

Karena anggaran pelaksanaan pilkades sebagian besar akan diambilkan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Sementara kekurangan dana baru dialokasikan oleh pemerintah desa masing-masing. Dalam tahap pertama, rencananya nanti akan ada 214 desa yang akan menggelar pikades secara serentak.

Kabag Pemerintahan Setda Pati Puji Istiyanto menyatakan, pihaknya merencanakan pelaksanaan pilkades serentak pada Maret hingga April 2015 mendatang. Menurut dia, pilkades serentak dapat digelar di awal tahun, dengan catatan anggaran telah disahkan.

”Selama anggaran sudah disahkan, tentu (pilkades) bisa segera digelar. Hal tersebut penting, mengingat salah satu sumber pembiayaan utama penyelenggaraan pilkades memang dari APBD,” katanya, Senin (20/10).

Lebih lanjut ia menuturkan, pembiayaan yang dimaksudkan meliputi pengadaan surat suara, pengadaan kotak suara, dan honor dari panitia. Anggaran yang akan dikucurkan pada tiap desa untuk menggelar pilkades, disesuaikan dengan jumlah pemilih yang ada.

Selain dari APBD, Puji juga menerangkan pembiayaan pilkades dapat diambilkan dari dua sumber lainnya. Yakni seperti dari anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) dan sumber lain yang tidak mengikat.

”Dalam aturan yang disebutkan, pembiayaan dari APBD tidak bisa menutup seluruh pembiayaan. Jadi masih bisa diambilkan dari sumber lainnya,” ungkapnya.

 Namun khusus untuk pembiayaan dari sumber yang tidak mengikat, desa dikatakan dapat mengambil dari calon kepala desa. Hanya saja pembiayaan itu diharapkan tidak memberatkan calon yang bersangkutan.

”Sebenarnya dengan digelar pilkades secara serentak dapat lebih efisien. Seperti dalam proses pelantikan yang dapat digelar secara bersamaan. Termasuk penyeragaman dalam pemberian honor panitia,” ujar Puji.

Hingga saat ini sendiri, Puji mengatakan pihaknya masih terus menggodok sejumlah persiapan. Seperti kesiapan tekhnis maupun penyiapan regulasi dan perbup.

”Dengan digelar secara serentak, kami juga berharap nantinya dapat memecah konsentrasi botoh yang ada. Sehingga kami harapkan juga dapat membuat kondisi menjadi lebih kondusif,” imbuhnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →