Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Jateng Berambisi Jadi Industri Otomotif



Reporter:    /  @ 01:37:51  /  20 Oktober 2014

    Print       Email

Pekerja tengah menyelesaikan pembuatan knalpot mobil di daerah Purbalingga. Potensi suplai komponen mobil yang cukup dari Jateng, meningkatkan ambisi Jateng menjadi daerah industri otomotif.

KOTA SEMARANG – Provinsi Jateng berambisi menjadi daerah industri otomotif, terutama industri otomotif mobil. Terlebih di provinsi ini sudah terdapat beberapa potensi otomotif, yang dapat dipacu untuk mewujudkan ambisi tersebut.

Anggota Tim Teknis Pengembangan Kendaraan Angkutan Umum Murah Pedesaan (KAUM) Kementerian Perindustrian Widya Aryanti menyatakan, potensi Jateng untuk menjadi industri otomotiof cukup besar. Karena hampir seluruh komponen mobil dapat diproduksi di Jawa Tengah.

”Chassis bisa diproduksi di Tegal, sistem steering di Solo, platform body di karoseri ABC Bawen, dan art design di karoseri New Armada Magelang. Hanya mesin yang masih harus impor,” katanya dikutip jatengprov.go.id.

Dijelaskan, kualitas komponen yang dihasilkan dari industri lokal, sebenarnya lebih baik dari komponen impor. Tapi sayangnya tidak kompetitif karena harga bahan baku, khususnya besi di dalam negeri lebih mahal 30-40 persen dibandingkan luar negeri.

Padahal, besi sangat melimpah di Indonesia. Masalah lain yang menghambat tumbuhnya industri mobil nasional, adalah pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang berjenjang.

Widya Aryadi menambahkan pihaknya dan PT Triangle Motorindo (Viar) selaku investor, sudah berproses menggarap program Kendaraan Angkutan Murah Umum Pedesaan (KAUM). Mobil KAUM dirakit dengan komponen lokal dari Jawa Tengah, kecuali mesin yang didatangkan dari Cina. Widya sangat berharap pemerintah bisa melindungi tumbuhnya industri mobil nasional. 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo potensi industri otomotif di Jawa Tengah dapat dikembangkan lebih maksimal. ”Hampir seluruh komponennya ada di Jateng. Dan ini adalah suatu kekuatan. Bahwa bentuknya belum sempurna tidak apa-apa, karena akan dikembangkan terus. Ini buat saya merupakan embrio yang serius,” kata dia.

Ganjar memimpikan Jawa Tengah punya idealisme sebagai pencipta industri mobil yang serius di Indonesia. Serius yang dimaksud adalah tersedia suplai komponennya, sumber dan desain jelas dari Jawa Tengah, siap jaringan pemasaran dan pembiayaan. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →