Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Segenggam Ponsel Untuk Pendidikan Kita



Reporter:    /  @ 01:25:58  /  20 Oktober 2014

    Print       Email

Oleh : Bachtiar Aminuddin, S.E

Peneliti modern society studies dan kontributor penulis buku “Gagasan Kebangkitan”

 

 

Semarak milennium ketiga telah diramaikan manusia dengan hentakan hentakan menuju babak sebuah peradaban baru. Lahirnya teknologi komunikasi adalah sebuah penemuan baru dalam aspek kehidupan di mana setiap individu dapat menggunakan, mengakses, dan memberikan segala hal informasi kepada orang lain secara universal. Dunia tersebut kian hari kian melesat berkembang seiring naluri manusia untuk bersosialisasi dan kebutuhan manusia di setiap waktu untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi. Teknologi komunikasi juga menjadi jembatan manusia untuk saling bertukar dan mengakses informasi dalam berbagai bidang dan kepentingan. Berbagai macam fitur teknologi komunikasi terus berkembang seiring perkembangan trend zaman. Mulai dari kehadiran telepon seluler alias handphone sehingga aneka gadget untuk berbagai kopentingan komunikasi dan akses informasi. 

Teknologi komunikasi dalam konteks digital kemudian berkembang dengan pesat.  Era digital itu sendiri terjadi setelah satelit ditemukan dan di aktifkan. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Sektor pendidikan yang merupakan salah satu sektor pembangunan yang sedang mendapat perhatian besar dari pemerintah merupakan salah satu sektor pembangunan yang sangat potensial untuk dapat diintegrasikan dengan kehadiran teknologi komunikasi. Beragam aplikasi canggih mulai dikembangkan. Menjadikan  beragam perangkat komunikasi dalam genggaman kini dapat bertransforamsi menjadi ensiklopedi tanpa batas bagi dunia pendidikan. Dampak positif yang bisa dirasakan kini adalah beragam fitur dan fasilitas dalam dunia pendidikan yang bisa diakses dengan begitu mudah dan praktis sekaligus memiliki daya jangkau kebermanfaatan yang luas bagi para pelaku pendidikan. 

Segenggam Ponsel Untuk Pendidikan Kita

Di era ini, ponsel tak sekadar menjadi alat komunikasi. Perangkat yang dulu hanya berlaku sebagai alat komunikasi konvensional sekarang telah berkembang kian modern dan berusaha memenuhi keinginan para konsumennya untuk beragam kepentingan. Ponsel kini makin lengkap dengan aneka fitur dan media informasi dan komunikasi dari banyak dunia. Ponsel baru sudah dilengkapi dengan sistem operasi yang serba canggih. Secara teknis, perangkat mobile seperti HP yang beredar saat ini memiliki kapabilitas untuk menjalankan konten-konten berupa multimedia maupun aplikasi software.  Oleh karena itu, dalam kaitannya  di dunia pendidikan, ponsel di era kini dapat dimanfaatkan untuk menjadi salah satu media akselerator kemajauan pendidikan melalui beragam aplikasi dan fasilitas konten dunia pendidikan yangdapat dipasang maupun diakses didalamnya dengan mudah.

Salah satu yang menjadi bukti kemajuan dari kontribusi dunia teknologi komunikasi dalam pendidikan adalah berkembangnya mobile learning. Menurut Agus Triarso, Istilah M-Learning atau Mobile Learning merujuk pada penggunaan perangkat genggam seperti PDA, ponsel, ipad dan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang akan banyak digunakan dalam belajar mengajar dalam hal ini difokuskan pada penggunaan handphone. Mobile learning (M-Learning)sendiri memiliki karakteristik dapat diakses di manapun dan kapanpun, menyediakan fasilitas knowledge sharing dan visualisasi pengetahuan yang atraktif dan interaktif. Konsep pembelajaran mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat diakses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik. Konten-konten pembelajaran berbasis mobile juga bisa diakses secara luas. Munculnya m-Learning sebagai salah satu alternatif media pembelajaran merupakan peluang yang menggembirakan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Dengan menggunakan perangkat bergerak (ponsel), maka program m-Learning akan semakin mudah dijangkau dan dimanfaatkan.

Inovasi Teknologi komunikasi kini juga telah dirambah oleh stake holder dunia pendidikan Indonesia melalui Balai Pengembangan Multimedia, UPT dari Pustekkom Depdiknas  di mana unit ini semakin gencar berinovasi mengembangkan program pembelajaran berbasis mobile (handphone). Program yang telah diluncurkan adalah program Mobile Edukasi (m-Edukasi), dan bisa diakses melalui website : www.m-edukasi.net atau melalui wap.m-edukasi.net. Siswa maupun guru dan para pelaku pendidikan sama sama dapat memperoleh kebermanfaatan dari aplikasi program ini. Tingkat penggunaan yang relatif mudah, dan harga perangkat yang semakin terjangkau dan fitur yang semakin canggih. menjadi pendorong dalam memperluas kesempatan penggunaan atau penerapan mobile learning sebagai sebuah alternatif sumber dan media belajar, yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Menyikapi kemajuan didunia pendidikan ini sebagai dampak dari perkembangan teknologi komunikasi yang semakin modern, sudah selayaknya kita dapat bersikap bijak dengan menggunakannyadengan maksimal beragam peluang potensial ini dan memanfaatkannya dengan sebaik baiknya untuk kepentingan kehidupan manusia yang lebih baik di masa depan. (*)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →