Loading...
You are here:  Home  >  Politik & Pemerintahan  >  Artikel ini

Tahapan Pilkada 2015 Dilanjutkan



Reporter:    /  @ 02:07:44  /  18 Oktober 2014

    Print       Email

KOTA SEMARANG – Setelah sempat dihentikan sementara, tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di 16 kabupaten/kota pada 2015 mendatang, kembali dilanjutkan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi, sembari menunggu penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pilkada oleh DPR RI.

”Persiapan yang dilakukan ini bersifat antisipatif. Meliputi penyusunan regulasi dan rencana-rencana tahapan, serta pembiayaan program. Agar kalau perppu disetujui kami sudah siap,” kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo, dikutip Antara, kemarin.

Ia menjelaskan, sebenarnya pada 2015 mendatang terdapat 17 daerah yang kepala daerahnya berakhir masa jabatannya. Namun jabatan bupati Pemalang baru akan habis pada akhir 2015, sehingga pelaksanaan pilkada baru dilakukan 2016.

Ke-16 daerah di Jateng yang akan melaksanakan pilkada pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta. Sisanya Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Blora.

Menurut dia, anggaran pilkada yang sudah dialokasikan masing-masing pemerintah daerah setempat juga tidak dihapus. Namun penggunaannya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari KPU Republik Indonesia.

”Pilkada 2015 sebagian besar anggaran masih harus ditanggung APBD dan baru akan diback up dengan APBN pada 2016. Tapi semua masih menunggu perkembangan dari pusat,” ujarnya. (Ali Muntoha) 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →