Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Penetapan Sekda Dipertanyakan



Reporter:    /  @ 01:55:33  /  18 Oktober 2014

    Print       Email

KOTA SEMARANG – DPRD Jawa Tengah mempertanyakan lambannya penetapan sekda Jateng definitif, oleh pemerintah pusat. Lambannya proses ini dikhawatirkan akan mengganggu kinerja Pemprov Jateng.

”Mengapa Mendagri lama sekali menetapkan Sekda Pemprov Jateng definitif, ini ada apa?,” kata Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, dikutip Antara, kemarin.

Ia menjelaskan, jabatan sekda Jateng sangat penting dalam pemerintahan provinsi setempat. Karena sekda bertugas melakukan koordinasi kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Rukma menyatakan, akan mengirimkan surat resmi berisi desakan agar Menteri Dalam Negeri segera menetapkan Sekda Jateng definitif.  ”Setelah menggelar rapat pimpinan dewan, kami sepakat akan mengirimkan surat desakan ke Kemendagri pada Senin (20/10), agar mempercepat penetapan sekda Jateng definitif,” ujarnya.

Menurut dia, proses penetapan Sekda Jateng definitif tersebut sudah berjalan terlalu lama dan tidak efisien. ”Sebenarnya ini (penetapan Sekda Jateng definitif) bukan hal yang sulit dan tidak perlu bertele-tele. Karena sudah ada tiga calon yang diajukan Gubernur Jateng,” paparnya.

Pengamat politik dari Undip Semarang Budi Setyono menilai, proses seleksi pemilihan sekda Jateng terlalu lama dan mekanismenya berbelit-belit. ”Seharusnya, Gubernur Jateng setelah dilantik segera memilih sosok yang tepat untuk menduduki posisi sekda. Tidak usah menggunakan mekanisme yang berbelit-belit seperti sekarang ini,” kata dia.

Menurut dia, belum adanya Sekda Jateng definitif dalam waktu lama, juga memengaruhi terealisasinya janji-janji kampanye gubernur. Dan hal itu bisa menjadi akumulasi kekecewaan masyarakat.

”Sekda Jateng itu juga akan ikut merealisasikan janji-janji kampanye gubenur. Sehingga harus segera didefinitifkan, karena tanpa sekda definitif maka Pemprov Jateng akan alami disorientasi dalam melangkah,” terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyayangkan pemerintah pusat yang lambat dan membutuhkan waktu yang lama dalam menetapkan Sekretaris Daerah Jateng definitif. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →