Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Warga Pertanyakan Izin Pendirian Pabrik Beton



Reporter:    /  @ 01:51:36  /  17 Oktober 2014

    Print       Email

REMBANG – Rencana pengoperasian pabrik pengolahan beton oleh PT Varia Usaha Beton di Dusun Nyikaran, Desa Kemadu, Kecamatan Sulang, masih memunculkan sejumlah polemik di kalangan masyarakat setempat. Selain tentang izin pendirian pabrik, warga  juga mempertanyakan keterlambatan sosialisasi karena anak perusahaan PT Semen Gresik itu, menggelar sosialisasi mepet dengan pelaksanaan operasi produksi. 

Sekretaris Desa Kemadu Muhammad Safuandi mengatakan, warga sempat meminta kejelasan mengenai dampak operasional pabrik pengolahan beton ini. Terutama dampak terhadap kandungan air yang dikonsumsi warga. Warga menghendaki adanya pertemuan dengan warga di sekitar lokasi pabrik. 

”Sosialisasi sudah sempat dilakukan di Balai Desa Kemadu pada Selasa (14/10). Selain meminta pertemuan dengan warga sekitar, warga RT 2 RW 3 juga menuntut adanya kompensasi. Walaupun sudah mulai dibangun dan menjelang operasi, memang ada warga yang masih menanyakan masalah izin pendirian pabrik pengolahan beton,” katanya, Kamis (16/10), kemarin.

Saduandi menyatakan, ada pula warga yang menganggap masih ada beberapa khususnya di sekitar lokasi, yang belum ditemui pihak PT Varia Usaha untuk meminta persetujuan atas operasi pabrik tersebut. Menurutnya, ketua rukun warga (RW) sudah ditemui pihak perusahaan dan sebagian besar warga mendukung karena perusahaan berjanji menyanggupi permintaan warga.

Antara lain menyangkut tenaga kerja dari warga sekitar, lanjut dia, hingga saat ini sudah ada sekitar 11 orang warga Kemadu yang telah direkrut menjadi karyawan. Mereka bekerja pada bagian armada dan pengadaan barang. 

”Sejauh ini kami menganggapnya tidak ada polemik, meskipun ada sejumlah keinginan dari warga. Besok (17/10) juga akan ada lagi pertemuan lanjutan di balai desa untuk membahas tindak lanjut sosialisasi yang pertama,” papar Saduandi. (Ahmad Feri/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →