Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Kapal Cheng Ho Dibongkar Paksa



Reporter:    /  @ 01:40:37  /  17 Oktober 2014

    Print       Email

Warga melintas di samping replika kapal Cheng Ho, di atas aliran Kali Semarang. Replika kapal itu dibongkar paksa Pemkot Semarang karena mengganggu aliran sungai.

KOTA SEMARANG – Replika kapal Cheng Ho yang berada di depan Kelenteng Tay Kak Sie Semarang, akhirnya dibongkar, Kamis (16/10). Pemkot Semarang mengambil tindakan tegas, dengan membongkar paksa replika kapal itu, karena pihak kelenteng tak segera melakukan pembongkaran secara mandiri.

Antara memberitakan, puluhan pekerja dikerahkan untuk mencopoti bagian demi bagian replika kapal tersebut. Sementara di lokasi juga sudah disiapkan sejumlah alat berat dan truk, untuk membantu proses pembongkaran.

Pembongkaran replika kapal Cheng Ho sebenarnya sudah dijadwalkan sejak dua bulan lalu. Pemkot Semarang sebelumnya memberi tenggat waktu bagi yayasan Kelenteng Tay Kak Sie untuk membongkar sendiri selambatnya akhir Agustus 2014.

Replika kapal Cheng Ho yang dibangun Sie sejak 2005 itu, dipermasalahkan berbagai pihak karena mengganggu sistem drainase dan aliran Kali Semarang.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Semarang Endro Pudyo Martanto, proses pembongkaran diperkirakan memerlukan waktu hingga 10 hari ke depan.

”Kami hanya bersifat membantu pembongkaran. Setelah dibongkar, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air-Energi Sumber Daya Mineral (PSDA-ESDM) akan melanjutkan normalisasi Kali Semarang,” katanya.

Ia mengatakan, replika kapal yang dibangun sejak sembilan tahun lalu itu tidak memiliki izin. Apalagi regulasi melarang mendirikan bangunan di atas sungai, karena bisa menyebabkan aliran sungai terganggu.

Endro menjamin barang-barang hasil pembongkaran replika kapal itu, akan diserahkan pada yayasan untuk dimanfaatkan lagi. Sementara untuk barang yang tidak bisa dimanfaatkan, seperti beton akan dibuang. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →