Loading...
You are here:  Home  >  Olahraga  >  Artikel ini

Jerman 1-1 Irlandia : Der Panser Gagal Bangkit



Reporter:    /  @ 01:45:17  /  16 Oktober 2014

    Print       Email

BERLIN – Jerman kembali gagal meraih kemenangan di babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Setelah sebelumnya ditekuk Polandia 2-0, Der Panser hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Irlandia di Stadion Veltins Arena, Gelsenkirchen, Rabu (15/10)dini hari.

Memasuki pertandingan, Jerman langsung menggeber serangan sedari awal pertandingan. Ketidakberuntungan menggagalkan upaya Jerman untuk membuka skor dini di menit ketujuh.

Sebuah bola sapuan pertahanan Irlandia mengarah ke Eric Durm. Bek kiri Borussia Dortmund itu mengontrol dengan dada sebelum melesatkan tembakan setengah voli nan kencang dari jarak jauh. Aksi cantik itu gagal membuahkan gol perdana di kancah internasional untuk Durm karena bola membentur mistar.

Peluang emas kedua hadir untuk Jerman di menit ke-14. Umpan chip yang cerdik oleh Toni Kroos dari situasi tendangan bebas diteruskan kepala Thomas Muller ke arah Antonio Rudiger, tapi tandukan Rudiger tak menemui target.

Dominasi Jerman terus berlanjut, namun kebuntuan skor tak jua terpecahkan. Selain beberapa percobaan spekulatif Kroos, kans pamungkas sebelum turun minum dari Julian Draxler kandas oleh penyelamatan kiper David Forde.

Akhirnya, serangan bertubi-tubi dari Jerman pada akhirnya tidak sia-sia. Memasuki menit ke-71, Kroos berhasil memberikan keunggulan untuk Die Mannschaft. Memperoleh ruang tembak di depan area, gelandang Real Madrid itu langsung melepaskan sepakan jitu ke sudut kiri bawah gawang tanpa mampu dijangkau Forde.

Publik Veltins Arena nyaris bersorak kembali sepuluh menit mendekati akhir laga. Sebuah umpan cerdik Muller membuat Mario Gotze terbebas dari jebakan offside. Sayang Forde dapat mematahkan penyelesaiannya.

Meski tertekan pada hampir sepanjang permainan, Irlandia mulai keluar menyerang setelah tertinggal. Ironisnya di injury time (menit 94) mereka berhasil menyeimbangkan kedudukan tepat sebelum peluit akhir.

John O’Shea, yang melakoni penampilan ke-100 untuk The Bhoys In Green, menandai milestone tersebut dengan gol ciamik. Kedudukan 1-1 pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Menanggapi kekalahan tersebut pelatih Jerman, Joachim Loew mengaku ada beberapa faktor yang mengakibatkan hasil imbang. Ia berdalih para pemainnya, terutama yang ikut mengantar perebutan gelar juara dunia, kekurangan waktu istirahat. 

”Mereka hanya memiliki tiga minggu untuk beristirahat dan langsung terlibat dalam kompetisi yang intens, di liga domestik dan Liga Champions,” kata Loew. 

Kedua, faktor tekanan yang besar dan performa yang belum kembali. Jerman ditinggal sejumlah pemain kuncinya setelah Piala Dunia, termasuk Philipp Lahm yang pensiun. 

”Tak mudah kembali bermain setelah menjuarai turnamen besar. Bagi sejumlah pemain lebih sulit untuk kembali pada ritme yang pas, sebagian mengalami cedera, dan yang kehilangan performa terbaiknya,” tegas Loew. (Supriyadi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →