Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Kapal Tenggelam, Seluruh Penumpang Selamat



Reporter:    /  @ 01:36:11  /  16 Oktober 2014

    Print       Email

JEPARA – Peristiwa kecelakaan di wilayah perairan Karimunjawa kembali terjadi. Musibah itu menimpa kapal layar mesin (KLM) ”Berkat Usaha” milik Johanes, warga Semarang, Selasa (14/10) siang. Kapal yang dinahkodai Sabrani (50) warga Semarang, tenggelam sekitar 17 mil laut  sebelah selatan Pulau Karimunjawa. Beruntung, seluruh penumpang yang terdiri dari lima anak buah kapal (ABK) dan kapten kapal berhasil diselamatkan setelah dua jam terapung di perairan. 

Saat diselamatkan, kapten kapal, Sabrani mengatakan, kapal berangkat dari Pelabuhan Sukamara, Kalimantan Barat, Minggu (12/10) malam. Kapal akan menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sebelum kejadian kecelakaan, kapal sempat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Batu Lawang, Kemujan, Karimunjawa Selasa (14/10) pagi.

”Baru berlayar beberapa mil, kapal bocor di bagian buritan. Kami sudah berusaha untuk mengatasi kebocoran, namun gagal. Akhirnya, kami semua yang ada di kapal memutuskan meninggalkan kapal,” kata Sabrani, ketika ditemui Koran Muria, Rabu (15/10).

Menurut Sabrani, karena meninggalkan kapal yang bocor, seluruh ABK tidak bisa menyelamatkan muata. Akibatnya, seluruh muatan ikut tenggelam bersama kapal. 

Sementara itu, Camat Karimunjawa M. Taksin menambahkan, penumpang dari KLM ”Berkat Usaha” yang tenggelam tersebut berhasil dievakuasi seorang nelayan bernama M. Said. Proses evakuasi menggunakan KM Sumber Samudera, dan langsung dibawa ke daratan. 

”Kapal itu, setahu saya mengangkut blondo atau limbah minyak goreng. Informasinya, muatan itu akan dijadikan sebagai pakan ternak. Kapal akan menuju Semarang,” jelas Taksin. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →