Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Hari Ini Jamaah Haji Asal Kabupaten Grobogan Tiba di Pendapa



Reporter:    /  @ 02:26:09  /  15 Oktober 2014

    Print       Email

GROBOGAN – Sebanyak 593 calon jamaah haji di Kabupaten Grobogan yang tergabung Dua kelompok terbang (loter) 12 dan 13 tiba di Grobogan, Rabu (15/10) dinihari. Seluruh jamaah haji diarahkan masuk pendapa, sedangkan barang bawaan yakni, berupa koper dan tas haji ditempatkan di kompleks Masjid Jabalul Khoir Simpang Lima Purwodadi.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Grobogan, Rif’an mengatakan, kloter 12 dijadwalkan tiba di pendapa kabupaten sekitar pukul 01.00 WIB. Sedangkan kloter 13 akan tiba pukul 06.00 WIB.

”Kami mengerahkan petugas gabungan dari Satlantas, Polres, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan Informarsi dan Komunikasi, untuk membantu mengamankan jamaah haji dan barang bawaan. Sore kemarin,  jamaah haji masih berada di tanah suci dan dalam kondisi sehat dan tidak ada jamaah yang meninggal di tanah suci,” ujarnya, Selasa (14/10).

Ia menyebutkan, sesuai jadwal kloter 12 yang membawa 317 jamaah haji tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Selasa (14/10) pukul 21.20 WIB. Setelah itu jamaah akan beristirahat dan menjalani pemeriksaan medis di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Kemudian sampai di pendapa kabupaten diperkirakan Rabu, sekitar pukul 01.00 WIB.

Proses screening kesehatan ini untuk mengantisipasi kemungkinan penyakit menular dari para jamaah. Antara lain ebola, MERS, dan meningitis. 

Sementara kloter 13 dengan jumlah 276 jamaah dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo pada Rabu (15/10) pukul 02.00 WIB. Selanjutnya menuju Pendapa Kabupaten Grobogan dan tiba sekitar pukul 06.00 WIB. 

Sementara itu, untuk pengambilan koper dan tas haji yang berada di Kompleks Masjid Jabalul Khoir Simpang Lima Purwodadi, bisa diambil oleh pihak keluarga. Pengambil barang bawaan jamaah cukup menunjukkan paspor, buku kesehatan haji, atau identitas haji lainnya. (Nurokhim/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →