Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Pilkada Kabupaten Jepara Dipastikan Mundur



Reporter:    /  @ 01:47:24  /  15 Oktober 2014

    Print       Email

JEPARA – Pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Jepara, dipastikan akan mundur dari jadwal yang telah ditentukan. Sebab, dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014, maka pilkada Jepara akan diundurkan satu tahun. 

Anggota Komisioner KPU Subhan Zuchri mengatakan jabatan bupati dan wakil bupati Jepara, akan berakhir pada 10 April 2017 mendatang. Namun, sesuai dengan aturan di dalam perppu tersebut, maka akan dilakukan serentak dengan beberapa kota lainnya di Indonesia pada 2018. 

”Pilkada akan dilakukan secara langsung, pada 2018. Sebab, dalam aturan tersebut disebutkan, jika pilkada yang seharusnya dilakukan pada 2016 dan 2017, maka akan dilakukan serentak pada 2018 mendatang,” kata Subhan, kemarin.

Subhan menambahkan, meski jabatan Bupati Ahmad Marzuqi dan Wakil Bupati Subroto sudah selesai, tidak otomatis dilakukan perpanjangan. Kekosongan jabatan tersebut, akan diisi dengan pelaksana tugas (Plt). 

”Sistem pengangkatan plt, nantinya akan diangkat menteri dalam negeri melalui gubernur setempat. Sehingga, daerah tidak stagnan di dalam roda pemerintahannya,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Subhan, di dalam perppu tersebut hanya dijelaskan bahwa pemilihannya hanya difokuskan pada bupati/wali kota saja. Sedangkan wakil bupati/wakil wali kota dimungkinkan akan dipilih oleh bupati/wali kotanya berdasarkan persetujuan dari DPRD setempat.

Sementara itu, terkait dengan anggaran pelaksanaan pilkada yang telah diajukan, akan ditangguhkan sementara waktu. Hal itu menunggu kejelasan dari tekni aturan dari pilkada tersebut. 

”Sementara ini, pengajuan anggaran ditunda dulu. Apalagi, kami juga belum tahu

apakah pilkada serentak akan menggunakan dana APBD atau dana APBN,” tandasnya. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →