Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Pabrik Arang Ludes Terbakar



Reporter:    /  @ 02:20:06  /  14 Oktober 2014

    Print       Email

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang menghanguskan sebuah pabrik arang di Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo. Sembilan unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengatasi kebakaran itu. (KOMA / Nurokhim)

GROBOGAN – Bencana kebakaran hampir setiap hari terjadi di wilayah Grobogan sejak beberapa hari terakhir. Senin (13/10) dinihari, jago merah kembali mengamuk dan menghanguskan  sebuah pabrik arang milik PT Kaunara Premium Charcoal yang berada di Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo. 

Sekitar 20 ton arang briket siap ekspor yang tersimpan di dalam pabrik memicu kobaran api kian membesar dan sulit dikendalikan. Bahkan hingga pukul 03.00 WIB, lima unit mobil pemadam kebakaran kewalahan memadamkan api. Sekitar pukul 08.00 api sudah berhasil dipadamkan. 

Pabrik milik Arnoutd warga berkebangsaan Lebanon tersebut tidak hanya membuat panik petugas keamanan pabrik, namun warga sekitar lokasi kejadian juga khawatir api yang diduga berasal dari korsleting atau hubungan arus pendek listrik itu, merembet ke bangunan lain di sekitarnya.

Salah seorang warga setempat, Zaenuri mengatakan, lantaran  kobaran api semakin membesar, warga tidak bisa berbuat banyak. Beruntung lokasi bangunan pabrik dengan rumah penduduk agak jauh, sehingga tidak meludeskan rumah warga.

”Gudang pabrik arang itu bekas penggilingan padi milik Karsidi yang disewa PT Kaunara Premium Charcoal. Meski telah padam, empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan sisa api,” kata Zainuri.

Kapolsek Tawangharjo Iptu Puji mengatakan, dari hasil pemeriksan sementara api berasal dari hubungan arus pendek listrik. Api sulit dipadamkan karena pabrik berisi sekitar 20 ton arang berbahan batok kelapa.

”Akibat kebakaran itu, pemilik pabrik mengalami kerugian sekitar Rp 400 juta. Karena api menghanguskan bangunan dan 20 ton arang,” katanya. (Nurokhim / Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →