Loading...
You are here:  Home  >  Politik & Pemerintahan  >  Artikel ini

Hansip Profesi yang Harus Dihargai



Reporter:    /  @ 01:21:31  /  14 Oktober 2014

    Print       Email

Bupati Kudus H Musthofa memberikan jaminan bahwa linmas Kudus akan tetap ada. Hanya saja nantinya berpindah di bawah satuan polisi pamong praja (satpol PP).

Peranan Hansip bukan hanya sebagai tenaga pengaman panggilan, akan tetepi mempunyai peran yang penting dalam menjaga keamanan desa. Menurut salah satu masyarakat Kudus  Adi (32), profesi Hansip meski bertugas pada saat tertentu saja atau pada saat ada even saja, namun harus tetap dihargai.

Mengenai Hansip yang rencananya akan digabung ke Satuan Polisi Pamong Praja, dia justru sangat setuju. Selain akan menyejahterakan mereka sendiri, juga sebagai tenaga tambahan untuk Satpol PP. Karena saat ini, tenaga Satpol PP juga masih sangat minim.

Dia menjelaskan, bahwa peranan Hansip di desa tidaklah banyak. Menurut pengamatannya, hanya pada acara seperti Pilkada, Pilpres atau acara tradisi di desa, maka Hansip ditugaskan. Sedang untuk acara yang lebih besar, penugasan keamanan lebih ke Polisi. Dari situlah, ia sangat setuju bila harus dipindahkan ke Satpol PP.

”Setuju sekali jika Hansip dipindahkan ke Satpol PP. Selain pendapatan akan baik, juga mendapatkan pekerjaan yang pasti. Bukan hanya menunggu acara desa, baru Hansip ditugaskan. Sehingga peranannya memang dibutuhkan. Saya juga merasa iba, jika Hansip hanya mendapatkan bayaran saat ada acara desa atau acara yang berhubungan dengan pemerintahan. Mereka punya keluarga, punya anak, dan istri yang harus dinafkahi,” terang Adi.

Meski rencana kepastian belum jelas kapan akan dipindahkan satuan tersebut. Menurut Adi itu harus ditinjak lanjuti dan disosialisasikan segera mungkin. Namun dengan prosedur yang benar, tidak ada politik uang yang menyertainya. Ditambah akan ada 5000-an tenaga Hansip yang akan ditarik ke satpol PP.

Selain Adi, Agus (40) warga Desa Kaliwungu mengatakan, dirinya setuju asal ada peremajaan kepada Hansip. Tidak boleh seketika hansip ditiadakan peranannya. Akan tetapi, menjadi peremajaan ketika yang sudah matang dan berpengalaman ditarik ke Satpol PP. 

”Saya ini masih belum jelas sebenarnya. Yang akan ditarik menjadi bagian dari Pol PP ini, apakah semua Hansip atau hanya Hansip yang sudah menjadi pegawai negeri. Hal ini masih simpang siur bagi masyarakat, sehingga harus diluruskan. Sehingga tidak akan timbul rasa iri kepada sesama Hansip yang tidak terpilih,” katanya.

Yang terpenting baginya masyarakat harus aman, tidak ada gangguan terhadap ketertiban umum yang terjadi di masyarakat. Karena peran hansip memang harus menjaga keamanan dalam sebauh desa.

Hansip harus tetap ada, meski ada Hansip yang harus dipindahkan menjadi Pol PP. Selain itu, kesejahteraan Hansip juga harus dipertimbangkan. Kesejahteraan harus tetap ditetap diperhatikan. (Titis Ayu)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →