Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Pemerintah Kabupaten Jepara Butuh Kawasan Minapolitan Baru



Reporter:    /  @ 02:31:34  /  13 Oktober 2014

    Print       Email

JEPARA – Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perikanan Jepara, akan terus menggarap potensi perikanan yang ada di Kota Ukir itu. Sebab, potensi perikanan, khususnya perikanan budidaya menjadi andalan baru bagi pemkab, untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Bupati Ahmad Marzuqi mengatakan pihaknya, akan merencanakan membentuk kawasan minapolitan baru. Upaya tersebut direalisasikan, dengan berkoordinasi dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan.

”Seiring dengan perkembangan zaman, kawasan minapolitan baru itu menjadi sangat penting. Sebab, Jepara mempunyai potensi perikanan budidaya yang bisa diandalkan,” kata bupati, kemarin.

Bupati menambahkan, dirinya telah mengeluarkan surat keputusan tentang penetapan komoditas unggulan, andalan dan potensial di kawasan minapolitan. ”Komoditas unggulan itu adalah rumput laut. Untuk komoditas andalan adalah ikan bandeng dan lele. Sedangkan komoditas potensial adalah ikan mujair, nila, ikan mas, bawal, udang, belanak,

kerapu dan garam,” ujar Marzuqi.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Iin Junaidah ketika berkunjung ke Jepara baru-baru ini menyatakan, wilayah di Jepara layak dikembangkan kawasan minapolitan baru. Terutama yang berbasis pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan, dengan berdasarkan prinsip-prinsip integrasi, efisiensi, berkualitas dan percepatan.  

”Diharapkan, kawasan minapolitan baru itu, akan peningkatan pendapatan, menciptakan lapangan kerja baru. Sehingga, kesejahteraan masyarakat sekitar akan meningkat, dan mengurangi jumlah pengangguran,” jelas Iin. (Wahyu KZ / Aries Budi) 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →