Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Setengah Miliar untuk Bantu TMMD



Reporter:    /  @ 02:25:24  /  13 Oktober 2014

    Print       Email

Bupati Pati Haryanto ikut menyiramkan cairan aspal di jalan Desa Pohgading, Kecamatan Winong, dalam TMMD Sengkuyung tahun 2014. (KORAN MURIA)

PATI – Pemkab Pati mengucurkan anggaran mencapai setengah miliar lebih untuk membantu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2014. Anggaran yang diambilkan dari APBD Pati sebesar Rp 560 juta, itu dikucurkan untuk program pengaspalan jalan dan pembuatan pos kampling.

Program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2014 kali ini dipusatkan di Desa Pohgading, Kecamatan Winong, dan Desa Mantingan, Kecamatan Jaken. Kegiatan itu digelar 9 hingga 29 Oktober 2014.

”Selain mendukung di sasaran fisik, pemkab juga membantu mewujudkan sasaran nonfisik. Antara lain pelayanan KB dan penyuluhan kesehatan,” ujar Bupati Pati Haryanto.

Ia berharap, program TMMD dapat membantu masyarakat, dalam meningkatkan kesejahteraan. Serta mendorong perputaran roda perekonomian pedesaan, melalui perbaikan akses jalan, serta penyuluhan tentang  peningkatan kualitas hidup.

Ia bahkan menyatakan siap melakukan pemantauan kembali ke lokasi TMMD, guna memastikan capaian sasaran fisik maupun non-fisik di lapangan.

Di Desa Pohgading, program TMMD mengerjakan pengaspalan jalan desa ukuran 3000×2,5 meter, dan pembuatan satu unit poskamling. Sedangkan untuk Desa Mantingan, sasarannya adalah pengaspalan jalan desa, dengan ukuran 950×2,5 meter, serta satu unit poskamling.

Anggaran yang dibutuhkan untuk program di dua des itu sebesar Rp 335 juta. Selain disuplai dana dari pemkab, warga juga turut berkontribusi, melalui dana swadaya masyarakat sebesar Rp 30 juta untuk tiap desa. Selain itu, di Desa Pohgading juga ada dana dari APBD Provinsi Jateng sebesar Rp 90 juta.

”Untuk pelaksanaan TMMD melibatkan 100 orang satgas. Selain itu juga dibantu komunitas, serta masyarakat Desa Pohgading dan Mantingan,” tegas Pasiter Kodim 0718/Pati Kapt Inf Mujima. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →