Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Kekeringan, 2 Embung Sumber Air PDAM Kabupaten Rembang Ditutup



Reporter:    /  @ 02:20:15  /  13 Oktober 2014

    Print       Email

Embung Banyukuwung di Desa Sudo, Kecamatan Sulang, menyusut drastis. Selama ini air Embung Banyukuwung menjadi sumber utama penyuplai PDAM Rembang.(KOMA/Ahmad Feri)

REMBANG – Ribuan pelanggan PDAM Kabupaten Rembang yang tersebar di tiga kecamatan bakal kelimpungan memenuhi kebutuhan air bersih. Pasalnya, mulai Selasa (14/10) dua embung yang selama ini merupakan sumber air PDAM akan dimatikan alirannya. Kedua embung itu adalah Embung Banyukuwung  di Desa Sudo, Kecamatan Sulang dan Grawan di Kecamatan Sumber. 

”Pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana telah menginformasikan, bahwa akan menutup aliran air di Embung Sudo dan Grawan. Sementara Embung Sambongan di Desa Jatimudo, Kecamatan Sulang, juga sudah mulai mengering, ” ujar Kepala Bagian Tekhnik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rembang, Suroso, kemarin.

Alasan utama penghentian suplai air itu adalah ketersedian air di embung harus tetap ada demi pengamanan aset embung, seperti pintu air dan tanggul beton agar tidak mudah rusak. Dengan kebijakan itu, maka aliran air ke pelanggan PDAM akan terhenti. Atas kondisi tersebut sekitar 3.500 pelanggan di Rembang bagian barat, Kecamatan Kaliori, 250 pelanggan di Kecamatan Sumber, serta 350 pelanggan di Kecamatan Sulang, hampir dapat dipastikan tidak mendapatkan jatah air lagi.

”Terkait maju mundurnya waktu penghentian suplai air hanya menunggu perkembangan. Untuk itu kami berharap para pelanggan mau memahami kondisi ini, sebab penghentian operasional merupakan pengaruh faktor alam,” kata Suroso.

Salah seorang warga Desa Sudo Kecamatan Sulang, Sarpan mengatakan, penyusutan air di Embung Banyukuwung sudah mulai terjadi sejak tiga bulan terakhir. Bahkan di dasar embung mulai terlihat keretakan tanah. ”Kami hanya bisa berharap semoga saja bisa cepat turun hujan, sehingga kondisi kekeringan tidak bertambah parah,” harapnya. ( Ahmad Feri/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →