Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Tunggakan PBB Kabupaten Grobogan Tahun 2014 Rp 6,1 M



Reporter:    /  @ 02:03:45  /  13 Oktober 2014

    Print       Email

Petugas Kantor Pajak melakukan kampanye taat pajak bumi dan bangunan (PBB). Tunggakan pajak bumi PBB Kabupaten Grobogan tahun 2014, mencapai Rp 6,1 miliar atau 228.914 bidang tanah dan bangunan belum lunas.

GROBOGAN – Tugggakan pajak  bumi dan bangunan (PBB) Kabupaten Grobogan tahun 2014,  mencapai Rp 6,1 miliar atau 228.914 bidang tanah dan bangunan yang belum lunas. Salah satu penyebab tingginya tunggakan yakni kurangnya kesadaran masyarakat membayar pajak.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Grobogan Muhammad Sumarsono Sumarsono menyebutkan, untuk luas bidang tanah dan bangunan yang sudah lunas PBB sebanyak 320.999 bidang dengan nilai total pajak masuk Rp 13,7 miliar. 

”Wajib pajak yang melebihi batas waktu pada 30 September akan dikenakan denda sebesar 2 persen atau Rp 2,3 juta dari total PBB,” jelasnya.

Ia menjelaskan, ketentuan tersebutmengacu pada Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang PBB dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan. Selain itu, penghitungan PBB antara lain berdasarkan luas tanah dikalikan nilai jual objek pajak (NJOP) dan tarif PBB. 

”Untuk NJOP di bawah Rp 1 miliar, maka dikalikan 0,13 persen per tahun. Jika NJOP di atas Rp 1 miliar maka dikalikan 0,2 persen. Kami sudah melakukan sosialisasi tiap awal tahun dan menjelang batas waktu di tingkat kecamatan yang diikuti perwakilan dari desa,” terangnya.

Sementara itu, terkait pembayara wajib pajak bisa langsung ke Bank Jateng atau perangkat desa. Namun, hingga kini masih ada sejumlah desa menunggak pembayaran PBB tahun 2014, sebesar Rp 3 miliar. Sedangkan  PBB yang sudah terbayar tahun ini baru Rp 2 miliar.

”Kadang  perangkat desa yang menunda-nunda membayarkan. Padahal uang PBB dari warga sudah diterima pihak desa, namun belum disetorkan,” imbuhnya. (Nurokhim/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →