Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Semua Desa Dapat Rp 500 Juta



Reporter:    /  @ 02:42:28  /  11 Oktober 2014

    Print       Email

JEPARA – Semua desa yang ada di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jepara akan mendapatkan dana yang cukup besar dari pusat. Pada tahun depan, masing-masing desa akan menerima anggaran sebesar Rp 400 juta-Rp 500 juta tiap tahunnya. 

Bupati Ahmad Marzuqi mengatakan dengan alokasi dana yang cukup besar itu, pemerintah desa harus memiliki badan khusus untuk mengelolanya. Sehingga, dana yang diperoleh itu, bisa dipergunakan secara maksimal.

”Jepara dapat Rp 93 miliar yang akan dibagi ke semua desa. Jika dana itu dibagi rata untuk 184 desa, maka tiap desa terima Rp 400 juta-Rp 500 juta,” kata Marzuqi, kemarin.

Marzuqi menambahkan, selama ini Pemerintah Kabupaten Jepara sudah memberikan alokasi dana kepada setiap desa. Besarannya mencapai Rp 26 juta. Walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, namun dana tersebut dianggap cukup untuk membantu pemerintahan desa.

”Kami sudah memberi pelatihan kepada desa untuk mengelola dana yang akan diterima dari pusat. Bapermades memberi pelatihan, agar desa bisa mengelola dana sebesar itu,” jelasnya.

Kepala Balai Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Yogyakarta Edi Supriyanto yang diminta Pemkab Jepara memberi pelatihan menambahkan, dengan alokasi anggaran dari pusat yang cukup besar itu, bukan tidak mungkin akan terjadi penyimpangan. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan memanajemen keuangan yang diterima, agar pengelola tidak terjerat kasus hukum di kemudian hari.

”Dengan anggaran sebesar itu, saya berharap masyarakat desa bisa mandiri dan maju. Sehingga, harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →