Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Sepekan, Tungku Hanguskan 9 Rumah



Reporter:    /  @ 02:22:07  /  11 Oktober 2014

    Print       Email

Petugas pemadam kembakaran berusaha memadamkan sisa api dari dua bangunan rumah warga Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Jumat (10/10),. (KOMA / Nurokhim)

GROBOGAN – Sepekan terakhir, tercatat sembilan rumah  warga hangus dilalap jago merah. Dua kebakaran yang terjadi pada awal pekan lalu terjadi karena pemilik rumah lupa mematikan tungku memasak. Sedangkan kebakaran yang meludeskan dua rumah warga di Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Jumat (10/10), juga akibat tungku atau  hubungan arus pendek listrik.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 09.30 itu, berawal saat pemilik rumah, Kurdi (55) sedang berada di sawah. Kondisi rumah yang sepi memicu percikan api dari barang elektronik atau api tungku yang lupa dimatikan merembet ke perabot di sekitarnya hingga menghanguskan dua rumah berserta isinya.

Cuaca panas dan tiupan angin menyebabkan api menjalar ke rumah Siti Fatonah (32) yang ada di sampingnya. Nahasnya, warga sekitar tidak mengetahui adanya kebakaran, karena kedua rumah koran berada di ujung desa atau jauh dari pemukiman warga lain.

”Penyebab kebakaran ada dua kemungkinan. Yakni lupa mematikan tungku kayu dan konsleting atau hubungan arus pendek listrik arus pendek. Seluruh korban kebakaran rumah akan mendapatkan bantuan dari pemda,” kata Staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Harsono, yang berada di lokasi. 

Setelah kobaran api semakin membesar, sejumlah warga baru mengetahui dan langsung berusaha memadamkan api. Warga kewalahan menjinakkan api, karena si jago merah telah melalap seluruh bangunan rumah beserta isinya. Bahkan, dua unit mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian juga tidak bisa menyelamatkan rumah.

”Tidak tahu penyebabnya, mungkin dari korsleting listrik. Karena kami melihat api sudah membesar,” kata Tikno, salah satu warga setempat.

Akibat kejadian itu, dua pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp 60 juta. Terdiri dari bangunan rumah senilai Rp 50 juta dan uang tunai Rp 10 juta ludes terbakar. (Nurokhim/Sumarni )

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →