Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Curi Kayu, 2 Warga Desa Jadi, Kecamatan Sumber Dipolisikan



Reporter:    /  @ 01:45:47  /  11 Oktober 2014

    Print       Email

REMBANG – Dua warga Desa Jadi, Kecamatan Sumber, Jarmin (41) dan Rasipin (48) dijebloskan ke penjara karena tertangkap basah oleh polisi hutan saat sedang mengangkut kayu jati curian dari hutan wilayah Petak 6A resort pemangkuan hutan (RPH) Logede Bagian kesatuan pemangkuan hutan (BKPH) Sudo KPH Mantingan. 

”Keduanya ditangkap Polhut yang sedang patroli pada Rabu (8/10). Rasipin ditangkap sekitar pukul 15.00, sedangkan Jarmin ditangkap pada dua jam setelahnya. Saat ini mereka telah ditahan di Mapolres Rembang,” ujar Wakil Administratur KPH Mantingan Mochammad Rizqon, Jumat (10/10), kemarin.

Dia menjelaskan, penangkapan tersebut bermula ketika pihaknya menerima informasi pencurian kayu hutan di wilayah BKPH Sudo, khususnya di daerah RPH Logede. Setelah diintai tiga hari, akhirnya petugas berhasil menangkap dua orang pelaku lengkap dengan barang bukti dan alat kejahatan. 

Menurut Rizqon, para pelaku diserahkan kepada penyidik polisi untuk diproses hukum lebih lanjut. Barang bukti berupa delapan gelondong kayu jati ukuran panjang 2,5 meter dan diameter 13 centimeter, serta satu unit kapak dan dua unit sepeda motor, turut diamankan sebagai bukti.

”RPH Logede tidak termasuk lokasi panenan. Namun selama ini BKPH Sudo memang termasuk cukup rawan pencurian kayu. Mereka telah kami serahkan ke Polres Rembang agar ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” kata Mochammad Risqon.

Terkait adanya dugaan keterlibatan kedua pelaku dalam hal memasok kayu hutan ke sejumlah industri pengolahan kayu, Risqon mengaku belum mengetahuinya. Hal itu karena dirinya juga belum mendapat keterangan lebih lanjut dari pihak kepolisian, terkait perkembangan penyidikan kepada pihak KPH Mantingan.

”Pengamanan wilayah hutan dari pencurian kayu sebenarnya sudah kami lakukan secara ketat. Kami telah mengerahkan petugas teritorial dan polisi hutan, selain itu kami juga terus kerjasama dengan pihak kepolisian dan tentara,” tandasnya. (Ahmad Feri/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →