Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Kepala BPBD Kudus Diganti



Reporter:    /  @ 02:44:57  /  9 Oktober 2014

    Print       Email

KUDUS – Secara mengejutkan, Bupati Kudus H Musthofa melakukan pergantian sejumlah pejabat penting yang ada di Kabupaten Kudus, dalam prosesi pelantikan yang berlangsung kemarin (8/10), sore. Termasuk juga kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang turut diganti.

Jabatan kepala Pelaksana BPBD yang semula dipegang oleh Jumadi, kemarin resmi diserahterimkan ke Bergas Catursasi Penanggungan, yang selama ini menjabat sebagai camat Kota. Sedangkan Jumadi akan menempati pos barunya sebagai sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Entah apakah pergantian ini ada hubungannya dengan kasus-kasus yang membelit lembaga tersebut, namun pergantian itu memang cukup mengejutkan. Pasalnya, saat ini lembaga BPBD sedang menjadi sorotan, terkait ditahannya tiga orang mantan pegawai dan pegawai di sana atas kasus dugaan korupsi. Sehingga pergantian ini, bisa menimbulkan beberapa spekulasi terkait upaya pembenahan yang ada di lembaga tersebut.

Sedangkan yang mengisi posisi sebagai camat Kota adalah Kholid Seif, yang sebelumnya bertugas di Inspektorat Kudus. Sedangkan Eko Hari Djatmiko yang sebelumnya adalah sekretaris Disdukcapil, sekarang dipercaya menjadi camat Jekulo. 

Pergantian lain yang juga cukup menonjol adalah digantinya kepala Bagian Umum Setda Kudus yang semula dijabat Sumiyatun, digantikan oleh Masyudi, yang sebelumnya adalah camat Dawe. Sementara Sumiyatun, bergeser menjadi sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana. 

Pejabat lain yang dirombak, adalah kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Catur Widiyatno, digantikan oleh R Eling Idi Harapan. Catur sendiri akan menduduki posisinya yang baru sebagai sekretaris Kecamatan Jekulo. Posisi kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sendiri juga berubah. Dari yang semula Jadmiko Muhardi, digantikan oleh Abdul Halil. Untuk seterusnya, Jadmiko akan menjalankan tugasnya sebagai kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kudus.

Bupati Kudus H Musthofa mengatakan, Semua yang dilantik ini adalah hasil kajian terbaik baperjakat. Dan akan diadakan evaluasi terus menerus. Termasuk memberikan kesempatan bagi semua pegawai untuk bisa meraih jenjang yang lebih baik. ”Itu merupakan hak semua orang (pegawai), dan tugas bupati adalah mengantarkannya. Semua pintu terbuka dan semua jalan boleh dilewati siapapun kalau memang memiliki prestasi dan kompetensi yang sesuai,” katanya.

Acara pelantikan itu sendiri, memang terbilang mendadak. Menurut Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Kabupaten Kudus Putut Winarno mengatakan, pergantian pejabat tersebut merupakan satu hal yang biasa dilakukan pemerintah.

”Ini kan, sebuah proses yang biasa menurut saya. Jadi, sebagai pejabat, harus mampu dan siap untuk ditempatkan di mana saja. Meski itu bisa dibilang mendadak, tapi sekali lagi rolling itu adalah hal yang biasa. Supaya semua bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” tuturnya saat dihubungi, kemarin.

Putut mengatakan, tidak ada alasan tertentu yang kemudian melatarbelakangi keputusan rolling pejabat ini. Semua didasarkan kinerja yang ada. ”Semua sudah ada perhitungannya. Ini demi jalannya Pemerintahan Kabupaten Kudus yang baik. Biar bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” imbuhnya. (Faisol Hadi / Merie)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →