Loading...
You are here:  Home  >  Politik & Pemerintahan  >  Artikel ini

Pilkada Berpotensi Serentak



Reporter:    /  @ 02:05:22  /  9 Oktober 2014

    Print       Email

KOTA SEMARANG – Pemilihan kepala daerah (pilkada) 17 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah pada 2015 mendatang, berpotensi dilaksanakan secara serentak. Hal ini mengacu terhadap terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pilkada Langsung.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyatakan, potensi digelarnya pilkada seara serentak itu sangat besar.  Namun menurut dia, harus dipertimbangkan juga mengenai aspek-aspek teknis.

”Artinya harus diperhitungkan ke depan, terkait masa jabatan kepala daerah baik yang berakhir sebelum, maupun sesudah pemilu serentak,” katanya dikutip Antara, kemarin.

Menurut dia, KPU siap melakukan pilkada secara serentak pada 2015. Hal itu sebagai bentuk pelaksanaan undang-undang, dalam hal ini Perppu No1 Tahun 2014.

”Lahirnya perppu itu salah satu perspektif yang akan dikembangkan terkait dengan penyelenggaraan pilkada serentak. Dan KPU mendapatkan tantangan baru, untuk menyiapkan penyusunan tahapan penyelenggaraan disesuaikan dengan perppu,” ujarnya.

Joko menilai, pelaksanaan pilkada serentak perlu disertai dengan kebijakan lain dari pemerintah. Seperti anggaran pilkada yang berasal dari APBN, sehingga substansinya mengena.

”Kalau pelaksanaan pilkada serentak masih dibiayai KPU kabupaten/kota maka tidak ada substansinya,” terangnya.

Ia mengungkapkan, bahwa pelaksanaan pilkada di 17 kabupaten/kota di Jateng pada 2015 bisa dijadwalkan secara serentak. Namun tergantung dari selesainya seluruh regulasi yang sekarang diusulkan, dan disusun sebelum dapat diaplikasikan. Agar seluruh pemerintah daerah melakukan persiapan pelaksanaan tahapan pilkada.

”Sebagai contoh, harus ada pejabat pelaksana tugas jika akhir masa jabatan kepada daerah berakhir Juni 2015, pilkada serentak pada September 2015. Sehingga tidak terjadi kekosongan jabatan,” tukasnya. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →