Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Punya Tunggakan Pajak Kendaraan



Reporter:    /  @ 01:42:18  /  9 Oktober 2014

    Print       Email

Petugas Satpol PP memeriksa surat kendaraan, khususnya surat lunas bayar pajak motor, di jalur Jepara-Pati, tepatnya di Kelurahan Mulyoharjo, kemarin. Pemeriksaan terhadap surat kendaraan, karena Jepara menjadi salah satu kabupaten yang menunggak pajak tertinggi di Jateng. (KOMA / wahyu KZ)

JEPARA – Jepara menjadi salah satu kabupaten, yang masuk sepuluh besar menunggak pajak kendaraan bermotor di Provinsi Jawa Tengah. Sementara, se Jawa Tengah, ada tunggakan pajak kendaraan bermotor sebesar Rp 969 miliar pada 2013 lalu.

Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Jateng Siswanto mengatakan tunggakan pajak kendaraan bermotor pada tahun, diperkirakan akan terus meningkat. Sementara, Jepara tercatat punya tunggakan pajak kendaraan yang belum dilunasi.

”Banyaknya tunggakan pajak kendaraan bermotor itu, sangat merugikan negara. Sebab, pajak adalah salah satu sektor sumber pendapatan dari negara. Jika pajak terus berkurang, maka dampaknya adalah pembangunan terhambat,” kata Siswanto ketika menggelar razia gabungan kendaraan bermotor di Kecamatan Mulyoharjo, Jepara, Rabu (8/10).

Siswanto menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan jajaran Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Jepara, dalam melakukan razia kendaraan bermotor. Sasarannya adalah, pengecekan surat-surat kendaraan yang berkaitan dengan pajak kendaraan untuk jajaran Satpol PP. Sedangkan bagi petugas Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Jepara, menyoroti kelengkapan kendaraan dan surat izin mengemudi (SIM).

”Razia kendaraan ini, bagian dari program provinsi untuk menurunkan tingginya tunggakan pajak kendaraan bermotor. Selain itu, untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas yang masih terus terjadi,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan dan Ketertiban Satpol PP Jepara Nuril Abdillah menambahkan, selama razia digelar satu jam di jalur Jepara-Pati tepatnya di Kelurahan Mulyoharjo, semua kendaraan yang melintas diminta berhenti. ”Kami mendapati delapan pengendara yang ketahuan tidak membayarkan pajak motornya,” ucapnya.

Nuril menjelaskan, selain delapan pengendara motor yang ketahuan tidak membayar pajak, petugas Satlantas Polres Jepara menjaring 18 pelanggar lalu lintas. Sedangkan Dinas Perhubungan mencatat, ada delapan pelanggar aturan kendaraan. ”Ada satu kendaraan yang disita, karena tidak ada surat-suratnya,” pungkasnya. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →